LIA, RAMADANIA (2018) HUBUNGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH RAUDHATUN NASIHIN AREMANTAI SEMENDE DARAT ULU KABUPATEN MUARA ENIM. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
LIA RAMADANIA (13210153).pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul: Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Di Madrasah Aliyah Raudhatun Nasihin Aremantai Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim. Penelitian ini dilatar belakangi oleh gejala-gejala atau fenomena-fenomena yang terjadi disekolah Madrasah Aliyah Raudhatun Nasihin seperti masih ada siswa yang tidak mengerjakan soal yang diberikan oleh guru pada tepat waktu yang telah ditentukan, masih ada sebagian siswa yang suka mencontek, masih ada siswa yang prestasinya renda walaupun teman sebayanya pintar, masih ada siswa yang kurang rajin belajar walaupun teman sebayanya pintar, masih ada siswa yang membolos pada saat jam pelajaran dimulai. oleh karena itu peneliti ingin mengadakan suatu penelitian mengenai Hubungan interaksi teman sebaya dengan prestasi belajar siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Raudhatun Nasihin Aremantai Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana interaksi teman sebaya Kelas XI di Madrasah Aliyah Raudhatun Nasihin Aremantai Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim, Bagaimana prestasi belajar siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Raudhatun Nasihin Aremantai Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim, Apakah terdapat hubungan positif dan signifikan antara interaksi teman sebaya dengan prestasi belajar siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Raudhatun Nasihin Aremantai Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim. Tujuan dari penelitian dibawah ini adalah untuk mengetahui hubungan interaksi teman sebaya dengan prestasi belajar siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Raudhatun Nasihin Aremantai Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim. Dalam penelitian ini terdapat dua variable yang diteliti. Variable independent yaitu interaksi teman sebaya dan variable dependent yaitu prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan ini merupakan pendekatan kuantitatif melalui survey objek yang diteliti. Jenis penelitian yang akan penulis lakukan adalah jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan metode dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mendapatkan informasi tentang interaksi teman sebaya siswa dengan memberikan 20 item soal , dan dokumentasi digunakan untuk mendapatkan informasi tentang prestasi belajar siswa melalui nilai raport. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus product moment. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa nilai r=0,415 sedangakan rtable untuk df= N-nr=41-2=39 pada taraf signifikan 5% dan 1% masing-masing adalah 5%=0,3081 dan 1%= 0,2605, karena r hitung > rtabel atau 0,3081 <0,415>0,2605, dengan demikian variabel X (Interaksi Teman Sebaya) dan variabel Y (Prestasi Belajar Siswa) terdapat hubungan yang signifikan. Besarnya kontribusi interaksi teman sebaya dengan prestasi belajar siswa 0,415. Melihat besarnya hubungan kedua variabel dapat dikategorikan sedang dan cukup.oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi teman sebaya dengan prestasi belajar siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Raudhatun Nasihin Aremantai Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim Sehingga Ha diterimah dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 06 Jul 2021 09:01 |
Last Modified: | 06 Jul 2021 09:01 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8964 |
Actions (login required)
View Item |