FADMA RIZQON, MENTARI (2017) PENGARUH KEMAMPUAN GURU PAI MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI HIJRIYAH II PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
fadma risqon mentari (13270036).pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Salah satu dari sekian banyak kemampuan yang harus dimiliki oleh guru adalah kemampuan menggunakan media pembelajaran karena ia sebagai pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan proses pembelajaran yang kegunaannya adalah meningkatkan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) menggunakan media pembelajaran, mengetahui prestasi belajar siswa dan untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) menggunakan media pembelajaran tehadap prestasi belajar siswa di MI Hijriyah II Palembang. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah diskriptif kuantitatif dengan jenis data kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan sumber primer dan sekunder yang diambil dari siswa Kelas V sebanyak 48 siswa sekaligus menjadi sampel penelitian ini dan sumber data sekunder diambil dari beberapa literatur, penelitian sebelum yang mendukung akan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, nilai raport dan dokumentasi dengan analisis data korelasi product moment dengan tahapan prosentasi, pengitungan TSR serta menghitung Standar Deviasi. Hasil penelitian pengaruh kemampuan guru PAI dalam menggunakan Media Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V MI Hijriyah II Palembang ini adalah sebagai berikut, pertama, Kemampuan guru PAI menggunakan media pembelajaran dapat dikatagorikan sedang, hal ini dapat dilihat pada hasil analisa angket sebanyak 11 orang (22,91%) tergolong tinggi, yang tergolong sedang 27 orang (56,25%), dan yang tergolong rendah 10 orang (20,84%). Dengan demikian kemampuan guru PAI menggunakan media pembelajaran berada pada katagori “sedang” yaitu sebanyak 27 orang siswa (56,25%) dari 48 orang siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Kedua, Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dapat dikatagorikan sedang, hal ini dapat dilihat pada hasil belajar siswa yang diambil dari nilai raport sebanyak 5 orang (10,42%) tergolong tinggi, yang tergolong sedang 35 orang (72,92 %), dan yang tergolong rendah 8 orang (16,66%). Dengan demikian prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI berada pada katagori “sedang” yaitu sebanyak 35orang siswa (72,92%) dari 48 orang siswa yang menjadi sampel, dan Ketiga ada pengaruh yang sangat signifikan antara kemampuan guru PAI menggunakan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas V di MI Hijriyah II Palembang. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai atau hasil hitungan korelasi product moment atau rxy 0,752 tersebut jauh lebih besar dari harga tabel “r” baik pada taraf signifikasi 5% sebesar 0,288, taraf signifikan 1%, sebesar 0,372, dengan demikian Hipotesis Ha diterima dan Hipotesis Ho ditolak. Kepada guru PAI untuk lebih meningkatkan kompetensi professional, paedagogik sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 06 Jul 2021 09:08 |
Last Modified: | 06 Jul 2021 09:08 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9035 |
Actions (login required)
View Item |