MARLINA, MARLINA (2018) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SDN 1 TANJUNG BERINGIN KECAMATAN TANJUNG LUBUK KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR (OKI). Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
a. HALAMAN JUDUL PDF.pdf Download (788kB) | Preview |
|
|
Text
b. BAB I PDF.pdf Download (627kB) | Preview |
|
|
Text
c. BAB II PDF.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
d. BAB III PDF.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
e. BAB IV PDF.pdf Download (632kB) | Preview |
|
|
Text
f. BAB V PDF.pdf Download (183kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan agama dalam keluarga merunut pandangan Islam sangat penting dalam menanamkan kedisiplinan siswa pendidikan agama Islam dalam keluarga mereka terlalu mempercayai pendidikan di sekolah dan ada juga yang masih sibuk dengan pekerjaannya lupa dalam mendidika anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh antara pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap kedisiplinan siswa di SD N 1 Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Lubuk Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengunakan analisis statistik dengan mengunakan rumus Produc Moment. Pengambilan data penelitian dengan mengunakan sampel pertimbangan tertentu (Sampling Purposive) siswa yang akan diteliti yaitu kelas IV.a dan IV.b dengan jumlah responden sebanyak 30 siswa Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga metode, yaitu observasi, dokumentasi dan angket. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai responden dan sekolah, metode observasi digunakan untuk kondisi sekolah gedung, sarana prasana dan lainnya. Sedangkan metode angket digunakan untuk mengambil data tentang kedua variabel, yakni untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam keluarga siswa dan kedisiplinan siswa. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisi statistik dengan mengunakan rumus Product Moment. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap kedisiplinan siswa di sekolah, dilihat nilai rtabel (Product Moment) baik yang taraf signifikan 5% maupun taraf 1% dengan mengitung df terlebih dahulu dengan rumus df= N-2 yaitu 30 – 2 =28 tertadap dalam tabel. Dengan df = 28 diperoleh pada taraf signifikan 5% sebesar 0,361 dan taraf signifikan 1% 0,463.dari hasil tersebut terlihat bahwa rxy 0,581 lebih besar dari taraf signifikan 5% dan lebih besar dari taraf signifikan 1% dengan perbandingan 0,361<0,581>0,463. Hal itu karena adanya faktor lain yang dapat mempengaruhi kedisiplinan siswa, anatara lain lingkungan masyarakat dan sekolah selain dari keluarga.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 06 Jul 2021 09:09 |
Last Modified: | 06 Jul 2021 09:09 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9056 |
Actions (login required)
View Item |