NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA

FAUZA YANUARTI, PERTIWI (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Fauza Yanuarti Pertiwi.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Perkembangan zaman sekarang ini, generasinya cenderung semakin melakukan tindak penyimpangan tingkah laku, merosotnya moral dan karakter pada remaja khususnya peserta didik. Hal ini disebabkan oleh kurang kuatnya karakter yang tertanam di dalam hati mereka. Perlu adanya pendidikan karakter yang diberikan kepada mereka sebagai pondasi untuk melandasi akhlaknya. Pendidikan karakter dapat diperoleh dari berbagai media. Salah satu media yang memberikan nilai-nilai (pesan) adalah novel. Selain sebagai media hiburan, novel juga memberikan pelajaran bagi para pembaca. Salah satu novel yang memberikan nilai-nilai pendidikan karakter bagi para pembacanya adalah novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pesan (nilai), khususnya nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Sang Pemimpi. Dalam penelitian ini, penulis memilih novel Sang Pemimpi sebagai objek penelitian karena diasumsikan mempunyai pesan (nilai) tentang pendidikan karakter. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis data yang menggunakan analisis data heuristik, yakni pembacaan karya sastra pada semiotika tingkat pertama. Heuristik berupa pemahaman makna sebagaimana yang dikonvensikan oleh bahasa (yang bersangkutan). Hasil penelitian ini akan menggambarkan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Sang Pemimpi adalah sebagai berikut : Religius (yang meliputi ibadah, berdoa kepada Allah, ikhlas, sabar, selalu bersyukur dan selalu mengingat Allah), Kerja Keras (menemukan cara berkomunikasi), Mandiri (berusaha sendiri mendapatkan kesuksesan), Menghargai Prestasi (memberi hadiah atas prestasi), Tanggung Jawab (tanggung jawab atas pekerjaan).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Jul 2021 02:18
Last Modified: 22 Jul 2021 02:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9158

Actions (login required)

View Item View Item