Fitriani, Opi (2017) PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI PERADABAN EMAS DINASTI ABBASIYAH KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MODEL PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
OPI FITRIANTI 13210203.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam materi peradaban emas dinasti abbasiyah kelas VIII di MtsN Model Palembang? Bagaimana hasil belajar pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam materi peradaban emas dinasti abbasiyah kelas VIII di MtsN Model Palembang ? Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam materi peradaban emas dinasti abbasiyah kelas VIII di MtsN Model Palembang? Tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam materi peradaban emas dinasti abbasiyah kelas VIII di MtsN Model Palembang, Untuk mengetahui hasil belajar pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam materi peradaban emas dinasti abbasiyah kelas VIII di MtsN Model Palembang, Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara minat belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam materi peradaban emas dinasti abbasiyah kelas VIII di MtsN Model Palembang Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Jenis data kuantitaif yaitu data berkenaan dengan minat belajar siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran. Sumber data primer adalah kepala sekolah, guru dan siswa sebagai sampel penelitian. Sedangkan sumber data sekunder adalah tenaga administrasi, buku-buku dan dokumentasi sekolah. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTsN 2 Model Palembang. Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.01 dan VIII.03 yang berjumlah 48 siswa. Data diperoleh dengan metode angket, observasi dan dokumentasi. Terlebih dahulu data dikumpulkan, kemudian direkapitulasi, selanjutnya dianalisis dengan statistik yaitu dengan menggunakan rumus mean, standar deviasi, TSR dan korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini adalah : pertama, minat belajar siswa kelas VIII.01 dan VIII.03 di MTsN 2 Model Palembang dikategorikan sedang karena dari 48 responden terdapat 23 responden yang menyatakan sedang (47,916%). Kedua, hasil belajar kelas VIII.01 dan VIII.03 di MTsN 2 Model Palembang dikategorikan tinggi karena dari 48 responden terdapat 24 responden yang menyatakan tinggi 24 (50 %). Ketiga, Ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa di MTsN 2 Model Palembang. Berdasarkan hasil analisa statistik bahwa “r” tabel (Product Moment) 1,709 lebih besar dari pada “r” hitung baik pada taraf signifikasi 5% (0, 288) maupun pada taraf signifikasi 1 % (0, 0,372).
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat belajar, sejarah kebudayaan islam, dinasti abbasiyah. |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 02:34 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 02:34 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9247 |
Actions (login required)
View Item |