PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA SEBELUM DAN SESUDAH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NON DIRECTIVE PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH PALEMBANG

NADIA, PERMATA (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA SEBELUM DAN SESUDAH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NON DIRECTIVE PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul - Kata Pengantar.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB SKRIPSI KESELURUHAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada saat guru menjelaskan pelajaran akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyah Islamiyah Palembang dengan menggunakan metode ceramah. Selanjutnya, peneliti mencari alternatif model pembelajaran yang lain yang cocok digabungkan dengan metode�metode yang lain yaitu dengan menggunakan Model Pembelajaran Non Directive (Pembelajaran Tidak Langsung). Model Pembelajaran Non Directive dapat membuat siswa lebih fokus dan mengetahui secara langsung dalam keadaan nyata dengan melihat kejadian atau fakta yang terjadi di lingkungan mereka. Oleh sebab itu, permasalaan dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran Non Directive pada mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyah Islamiyah Palembang. 2) Bagaimana hasil belajar siswa sesudah diterapkan model pembelajaran Non Directive pada mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyah Islamiyah Palembang. 3) Bagaimana perbedaan antara hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran Non Directive dan hasil belajar siswa sesudah diterapkan model pembelajaran Non Directive pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyah Islamiyah Palembang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan penggunaan pre�experimental designs bentuk one-group pretest-postest design sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Dalam penelitian ini kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VA sebanyak 29 siswa. Untuk mengetahui hasil belajar siswa peneliti membagikan tes berupa 20 soal pilihan ganda kepada seluruh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Non Directive tehadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyah Islamiyah Palembang mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase hasil belajar siswa pada saat pretest yaitu yang tergolong kategori nilai tinggi sebanyak 4 orang siswa (14%), nilai sedang ada 17 orang siswa (59%) dan nilai rendah ada 8 orang siswa (27%) sedangkan pada posttest yang tergolong kategori nilai tinggi ada 6 orang siswa (21 %), nilai sedang ada 17 orang (58%) dan nilai rendah ada 6 orang siswa (21%). Hipotesa alternatif diterima atau disetujui dengan perincian t0 lebih besar dari tt baik pada taraf signifikan 1% maupun 5% dengan perincian 2,05<9,67>2,76. Jadi terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan Model Pembelajaran Non Directive pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyah Islamiyah Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Jul 2021 01:04
Last Modified: 28 Jul 2021 01:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9332

Actions (login required)

View Item View Item