RIDHOTUN, RIDHOTUN (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MATERI SIFAT MUSTAHIL BAGI ALLAH TEKNIK BERNYANYI DALAM METODE DRILL PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 8 SEMBAWA. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
COVER PTK RIDHOTUN M. DRILL.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PTK RIDHOTUN METODE DRILL.pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II RIDHOTUN DRILL.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III RIDHOTUN.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV ibu ridhotun revisi.pdf Download (579kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V RIDHOTUN.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan atau kegagalan guru dalam menjalankan proses belajar mengajar banyak ditentukan oleh kecakapannya dalam memilih dan menggunakan metode mengajar. Seringkali dijumpai guru yang berpengetahuan luas tetapi tidak berhasil dalam mengajar hanya dikarenakan dia tidak menguasai metode mengajar. Oleh karena itu metode menjadi bagian terpenting dalam pengajaran. Atas dasar itu pendidikan Islam menaruh perhatian yang besar terhadap masalah metode. Pendidikan Agama Islam sebagai salah satu mata pelajaran di Sekolah Dasar, maka problema yang diangkat dalam penelitian ini adalah mengenai rendahnya hasil belajar para siswa khususnya dalam hal menghafal sifat mustahil bagi Allah. Adapun untuk mengatasi hal tersebut, peneliti mencoba mengimplementasikan metode drill dalam meningkatkan kemampuan menghafal sifat mustahil bagi Allah dengan teknik bernyanyi. Selanjutnya rumusan masalah yang dapat disampaikan adalah: apakah melalui penerapan metode drill dengan teknik bernyanyi dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi Sifat Mustahil bagi Allah pada siswa kelas III SD Negeri 8 Sembawa. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode drill dengan teknik bernyanyi dalam meningkatkan hasil belajara khususnya kemampuan menghafal sifat mustahil bagi Allah. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengimplementasikan metode drill dengan teknik bernyanyi. Dimulai dari pra siklus, siklus I dan siklus II, masing-masing siklus dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas meningkat secara signifikan mulai dari pra siklus dengan nilai rata-rata kelas hanya 63 meningkat menjadi 89 di siklus I dan meningkat lagi menjadi 94 di siklus II. Artinya metode drill dengan teknik bernyanyi dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi sifat mustahil bagi Allah pada siswa kelas III SD Negeri 8 Sembawa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 01:05 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 01:05 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9335 |
Actions (login required)
View Item |