PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII DI MTs „AISYIYAH PALEMBANG

LINI, YULINDA (2017) PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII DI MTs „AISYIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
LINI YULINDA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII di MTs “Aisyiyah Palembang”. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih ada sebagian siswa yang masih tidak yakin pada kemampuan yang dimilikinya dan kurang percaya diri. Siswa tidak memiliki keberanian untuk menjawab pertanyaan dari guru. Siswa juga tidak antusias dan perhatiannya terbagi saat belajar dikelas, hal ini terlihat ketika proses pembelajaran sedang berlangsung masih ada siswa yang bercerita dan bercanda dengan teman sebangkunya. Ketika diberikan tugas siswa sering mengeluh dan mengatakan tugas yang diberikan terlalu sulit, siswa-siswa tersebut tidak berusaha untuk mengatasi kesulitan tugas yang dihadapi. Tujuan penelitian ini yang Pertama, Untuk mengetahui efikasi diri siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTs „Aisyiyah Palembang. Kedua, Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTs „Aisyiyah Palembang. Ketiga, Untuk mengetahui apakah ada pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTs „Aisyiyah Palembang. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII di MTs „Aisyiyah Palembang dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah skala dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik rumus korelasi product moment. Berdasarkan analisis data maka diperoleh hasil sebagai berikut: Pertama, efikasi diri siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTs „Aisyiyah Palembang masih dalam kategori sedang karena dari 50 siswa efikasi diri tertinggi terdapat 6 orang reponden dengan persentase 12%, efikasi diri sedang terdapat 34 orang responden dengan persentase 68%, sedangkan efikasi diri yang rendah terdapat 10 orang responden dengan persentase 20%. Kedua, hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTs „Aisyiyah Palembang dominan dalam kategori sedang karena dari 50 siswa tertinggi terdapat 4 orang responden dengan persentase 8%, hasil belajar sedang terdapat 31 orang responden dengan persentase 62%, sedangkan hasil belajar yang rendah terdapat 15 orang responden dengan persentase 30%. Ketiga, Terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTs „Aisyiyah Palembang. Hal ini terbukti dari hasil penelitian menunjukkan bahwa “rhitung” sebesar 0,434 jauh lebih besar dari “rtabel” pada taraf signifikan 5% (0,288) dan taraf signifikan 1% (0,372) Setelah dilakukan perhitungan dan analisis data, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTs „Aisyiyah Palembang. Karena “ rhitung” jauh lebih besar dari “rtabel” baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% dengan ini melambangkan 0,288<0,434>0,372.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BP ??
?? L1 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Jul 2021 01:05
Last Modified: 28 Jul 2021 01:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9337

Actions (login required)

View Item View Item