PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD NEGERI 04 TALANG KELAPA BANYUASIN

SEPTIA, CICI (2021) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD NEGERI 04 TALANG KELAPA BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Strategi pembelajaran merupakan cara yang akan dipilih dan digunakan oleh seseorang pengajar untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga akan memudahkan peserta didik memahami materi pembelajaran yang pada akhirnya. Untuk membuat tujuan pembelajaran berhasil, pengajar harus menumbuhkan motivasi belajar peserta didik, maka digunakan strategi pembelajaran crossword puzzle (teka-teki silang). Berdasarkan latar belakang, selanjutnya akan dikaji mengenai strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan judul pengaruh penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SD Negeri 04 Talang Kelapa Banyuasin. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini sebagai berikut:1)Bagaimana pengaruh motivasi belajar siswa sebelum penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle pada mata pelajaran IPS kelas V di SD Negeri 04 Talang Kelapa Banyuasin? 2)Bagaimana pengaruh motivasi belajar siswa sesudah penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle pada mata pelajaran IPS kelas V di SD Negeri 04 Talang Kelapa Banyuasin? 3)Apakah ada pengaruh strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SD Negeri 04 Talang Kelapa Banyuasin?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metodelogi penelitian kuantitatif dengan metode Eksperimen one group pre test post test design. Populasi dan sampelnya adalah siswa kelas V A dengan jumlah siswa 17 orang. Teknik pengambilan sampel adalah Non probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, kesioner, tes tertulis. Analisis data menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan:1)Pengaruh motivasi belajar siswa sebelum penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle pada mata pelajaran IPS dapat dikategorikan rendah karena niai rata-rata tes tertulis 15,82 dan nilai rata-rata kuesioner 20,24. 2)Pengaruh motivasi belajar siswa setelah penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle pada mata pelajaran IPS mengalami perubahan karena niai rata�rata tes tertulis 19,41 dan nilai rata-rata kuesioner 54,12. 3)Terdapat korelasi signifikan terhadap motivasi belajar siswa sesudah penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle pada mata pelajaran IPS kelas V di SD Negeri 04 Talang Kelapa Banyuasin. Dasar pengambilan keputusan uji paired sample t-test jika signifikansi (2-tailed) < 0,05 maka menunjukkan perubahan yang signifikan. Karena nilai Sig (2-tailed) 0,004 < 0,05 untuk uji paired sample t-test tes tertulis dan 0,000 < 0,05 untuk uji paired sample t-test angket (skala likert), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulanya, adanya pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa sesudah penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle pada mata pelajaran IPS kelas V di SD Negeri 04 Talang Kelapa Banyuasin. Kata-kata kunci : Crossword Puzzle, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Crossword Puzzle Motivasi Belajar Pembelajaran IPS
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 12 Aug 2021 04:06
Last Modified: 20 Aug 2021 03:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9475

Actions (login required)

View Item View Item