PENILAIAN KETERAMPILAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 83 JAKABARING PALEMBANG

Novita, Dian (2021) PENILAIAN KETERAMPILAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 83 JAKABARING PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
2_BAB I.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Tingkat kecerdasan intelektual pada peserta didik itu tidak sama, ada yang cepat memahami namun ada juga yang sulit memahami, begitu juga pada keterampilan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui penilaian keterampilan dilihat dari proyek siswa pada mata pelajaran IPA, (2) untuk mengetahui penilaian keterampilan dilihat dari praktik siswa pada mata pelajaran IPA, (3) untuk mengetahui penilaian keterampilan dilihat dari portofolio siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SD Negeri 83 Jakabaring Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data meliputi sumber data primer yaitu guru kelas V dan sumber data sekunder diambil dari pihak mana saja yang bisa memberikan tambahan data guna melengkapi kekurangan dari data yang diperoleh melalui sumber data primer yaitu buku, jurnal, dokumentasi lainnya yang berkenaan dengan penilaian keterampilan siswa pada mata pelajaran IPA kelas V diitinjau dari penilaian proyek, praktik, dan portofolio. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman meliputi Data Reduction, Data Displey, dan Conclusion.Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penilaian keterampilan siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SD Negeri 83 Palembang dapat dikatakan sudah baik, sebagian besar guru kelas V sudah memahami aspek aspek apa saja yang akan dinilai mengenai keterampilan siswa khususnya pada penilaian praktik dalam mata pelajaran IPA yang dimana dalam penilaian tersebut guru menggunakan skala penilaian serta rubrik penilaian. Adapun tahapan keterampilan yang dimiliki oleh siswa kelas V yaitu sampai ditahap gerakan terbimbing atau manipulasi yang dimana siswa sudah mampu melakukan kegiatan sederhana yang belum pernah dilihat tetapi berdasarkan pada pedoman atau petunjuk seperti siswa kelas V.D membuat alat peraga sederhana organ pernapasan manusia berdasarkan contoh langkah-langkah membuat alat peraga yang dikirim oleh guru dalam bentuk video. (2) pada penilaian proyek sebagian besar guru kelas V sudah memahami aspek aspek apa saja yang akan dinilai. Adapun tahapan keterampilan yang dimiliki oleh siswa kelas V yaitu sampai ditahap gerakan terbimbing atau manipulasiseperti siswa kelas V.D sudah mampu membuat tabel perbandingan organ gerak hewan vertebrata dan avertebrata berdasarkan materi yang ada dibuku tema 1 subtema 1 pembelajaran 6 halaman 54. (3) pada penilaian portofolio diambil dari hasil tugas praktik dan proyek siswa. Hasil penilaian portofolio tersebut terlihat bahwa keterampilan yang dimiliki setiap siswa khususnya dalam mata pelajaran IPA di kelas V.D SDN 83 Palembang secara keseluruhan sudah baik. Kata Kunci : penilaian keterampilan, praktik, proyek, portofolio

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: penilaian keterampilan praktik proyek portofolio
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 24 Aug 2021 05:35
Last Modified: 24 Aug 2021 05:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9488

Actions (login required)

View Item View Item