PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TANYA JAWAB TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP KELAS IV SD IT LANTABUR KOTA PAGARALAM

Anjani, Jenny Saskia (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TANYA JAWAB TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP KELAS IV SD IT LANTABUR KOTA PAGARALAM. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tanya Jawab Terhadap Keaktifan Siswa Pada Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV SD IT Lantabur Kota Pagaralam. Penelitian merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, karena dalam penelitian ini diberikan perlakuan. Penelitian ini menggunakan desain Quasy Experimental Designs jenis Pretest-Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas IV SD IT Lantabur Kota Pagaralam yang terdiri dari IVA, IVB dan IVC sedangkan sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas IV.A dan Kelas IVB, kelas IVA sebagai kelas Eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Tanya Jawab sedangkan kelas kontrol tidak diberi perlakuan. Teknik sampling menggunakan Cluster Random Sampling. Keaktifan belajar dilihat dari hasil lembar observasi siswa. Kelayakan instrument divalidasi dengan dosen ahli dan divaliditas menggunakan PPM dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas menggunakan Chi Kuadrat sedangkan teknik pengujian hipotesis menggunakan uji regresi sederhana, PPM, koefisien determinan,dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Tanya Jawab memberikan pengaruh terhadap keaktifan belajar siswa kelas IV SD IT Lantabur Kota pagaralam, Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Tanya Jawab dapat dilihat dari hasil uji hipotesis. Pada taraf signifikan 5% membuktikan bahwa adanya pengaruh penerapan model Tanya Jawab dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pada tema 3 peduli terhadap mahluk hidup pada kelas IV di SD IT Lantabur Kota Pagaralam, dapat dilihat dari thitung>ttabel, atau 3,012 > 1,669, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil ditolak yang berarti hipotesis alternatif diterima artinya Ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Tanya Jawab terhadap keaktifan belajar siswa. Kata Kunci : Model Tanya Jawab, Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Model Tanya Jawab Keaktifan Belajar
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 30 Aug 2021 05:33
Last Modified: 30 Aug 2021 05:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9506

Actions (login required)

View Item View Item