NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SYAIR QOSIDAH BURDAH KARYA IMAM AL-BUSHIRI

Subagio, Agus Restu (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SYAIR QOSIDAH BURDAH KARYA IMAM AL-BUSHIRI. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
2_BAB I.pdf

Download (893kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

Nilai pendidikan Islam adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan akhlak mulia serta keterampilan yang di perlukan dirinya, masyarakat bangsa dan Negara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Qosidah Burdah, relevansinya terhadap pendidikan Islam serta kontribusi nilai-nilai pendidikan Islam dalam karya Imam Al-Bushiri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan tehnik pengumpulan data melalui Library Research dengan mengambil latar syair karya Imam Al�Bushiri dengan menggunakan dokumentasi dari berbagai literature yang ada metode analisis data yang ditempuh adalah analisis isi yaitu menjelaskan isi dari dokumen yang telah di teliti yang kemudian diambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Syair-syair dalam Qosidah Burdah karya Imam Al-Bushiri mengandung nilai-nilai pendidikan Islam yang meliputi : nilai pendidikan aqidah, nilai pendidikan syariah (ibadah), dan nilai pendidikan akhlak. (2) Relevansinya dengan pendidikan Islam terletak pada tujuan yang terkandung didalamnya, yaitu ajaran untuk meneladani Nabi serta mengkaji segala sesuatu yang berada dalam Al-Qur’an supaya menjadi manusia yang berkepribadian muslim, sehingga menjadi manusia yang sempurna sebagai hamba Allah serta khalifah di bumi, tujuan ini sesuai dengan tujuan dari pendidikan Islam. (3) Kontribusinya nilai-nilai pendidikan Islam dalam penguatan akhlak di Indonesia yang diidentifikasikan sebagai masyarakat religius ini secara umum kurang memiliki akhlak. Meningkatnya kesadaran beragama dan pelaksanaan ibadah ternyata tidak berimplikasi kepada meningkatnya akhlak bangsa, sehingga seringkali muncul kritik bahwa agama di Indonesia belum fungsional dalam kehidupan masyarakat. Bahkan kini ada kecenderungan akhlak bangsa kini mengalami kemerosotan. Sebagai akibat dari adanya perubahan social. Kata Kunci : Nilai-nilai Pendidikan Islam, Sastra

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Islam Sastra
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 08 Sep 2021 04:23
Last Modified: 08 Sep 2021 04:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9623

Actions (login required)

View Item View Item