PENGARUH KEAKTIFAN SISWA PADA PROGRAM TAHSIN AL-QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SMP MUHAMMADIYAH 5 PALEMBANG

ALFARIZI, ALFARIZI (2021) PENGARUH KEAKTIFAN SISWA PADA PROGRAM TAHSIN AL-QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SMP MUHAMMADIYAH 5 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Keaktifan siswa dalam program Tahsin Al-Qur’an merupakan segala kegiatan yang bersifat fisik maupun non fisik baik jasmain ataupun rohasni siswa dalam proses kegiatan belajar Tahsin Al-Qur’an seperti mendengarkan ustadznya memberikan penejelasan mengenai hukum-hukum tajwid, mendengarkan cara membaca Al�Qur’an dengan benar, bertanya tentang hukum-hukum tajwid jika kurang mengerti, menyetrokan bacaan kepada ustadz dan lain sebagainya. Kemampuan membaca Al-Qur’an adalah kesanggupan atau kecakapan yang dimiliki oleh seseorang dalam bidang membaca, menghapal sampai memahami Al�Qur’an secara verbal serta mengetahui huruf-huruf dalam Al-Qur’an dan mampu menghubungkan kata demi kata. Dalam penelitian ini siswa juga harus mampu membaca Al-Qur’an baik secara tekstual maupun non tekstual(hapalan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keaktifan siswa dalam program tahsin Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah 5 Palembang, bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an di SMP Muhammdiyah 5 Palembang, adakah pengaruh keaktifan siswa dalam program tahsin Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah 5 Palembang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Kuantitaitf yang bersifat regresional yang menggunakan teknik analisis statistik sederhana dengan menggunakan rumus Prosentase dan teknik analisis product momen. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII berjumlah 99 siswa, diambil 34% dengan teknik Random Sampling maka sampel berjumlah 34 siswa. Sedangkah pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini bisa dilihat dari analisis data yaitu nilai korelasi perhitungan rxy sebesar 0,12, angka indeks korelasi yang diperoleh tidak bertanda negatif, dapat dikatakan terdapat pengaruh yang signfikan antara variabel x dan variabel y. Berdasarkan perhitungan di atas, α = 0,05 dan n = 34, uji satu pihak: Dk = n–2=34 - 2 = 32, sehingga diperoleh ttabel = 1,694. Ternyata thitung > ttabe yaitu 5,58 > 1,694, maka H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan siswa dalam program tahsin Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah 5 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Siswa, Kemampuan Membaca Al Qur’a
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 10 Sep 2021 06:38
Last Modified: 10 Sep 2021 06:38
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9700

Actions (login required)

View Item View Item