STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR MENURUT PEMASARAN ISLAM DALAM PENINGKATAN MARKET SHARE PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) KOPI BUBUK SAHABAT KOTA LUBUKLINGGAU

Taufik, Fadly (2017) STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR MENURUT PEMASARAN ISLAM DALAM PENINGKATAN MARKET SHARE PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) KOPI BUBUK SAHABAT KOTA LUBUKLINGGAU. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi pengembangan pasar menurut pemasaran Islam dalam peningkatan market share pada UKM (Usaha Kecil Menengah) Kopi Bubuk Sahabat Kota Lubuklinggau. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pengembangan pasar menurut pemasaran Islam yang dilakukan UKM Kopi Bubuk Sahabat dalam peningkatan market share dan mengetahui apa saja kendala dalam pengembangan pasar dalam peningkatan market share pada UKM Kopi Bubuk Sahabat. Obyek dari penelitian ini adalah UKM (Usaha Kecil Menengah) Kopi Bubuk Sahabat Kota Lubuklinggau. Data yang digunakan adalah data primer dengan teknik pengumpulan data secara observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa strategi pengembangan pasar UKM Kopi Bubuk Sahabat kota Lubuklinggau dalam meningkatkan market share ternyata sudah sesuai dengan prinsip-prinsip pemasaran Islam. Mulai dari kemasan yang berlabel halal sehingga konsumen tidak takut untuk mengkonsumsi kopi bubuk tersebut, mempromosikan produk harus jujur dan sesuai dengan produk yg dibuat, tidak menjelek-jelekan/ merusak nama produk kopi bubuk yang lain, dan yang terakhir UKM kopi bubuk Sahabat juga menerapkan empat sifat yang dimiliki Rasulullah saat berdagang yaitu: Siddiq (benar dan jujur), Amanah (terpercaya), Fathanah (cerdas), Tablig (komunikatif). Adapun kendala dalam pengembangan pasar dalam peningkatan market share pada UKM kopi bubuk sahabat yaitu adanya kelangkaan bahan baku kopi mentah, ketidakmampuan membaca pasar sasaran, faktor cuaca yang sering memburuk, kondisi perekonomian masyarakat yang tidak menentu, serta persaingan dengan produkproduk serupa yang lain

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 10 Sep 2021 06:47
Last Modified: 10 Sep 2021 06:47
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9838

Actions (login required)

View Item View Item