INTERAKSI SOSIAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI MAHASISWA (Analisis Sosiometri Pada Mahasiswa Jurusan SI Fakultas Dakwah dan Komunikasi)

VISRIYANI, VISRIYANI (2017) INTERAKSI SOSIAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI MAHASISWA (Analisis Sosiometri Pada Mahasiswa Jurusan SI Fakultas Dakwah dan Komunikasi). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI VISRIYANI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat terlepas dari hubungannya dengan makhluk lainnya. Di sadari atau tidak interaksi atau komunikasi yang terjadi merupakan proses terjadinya konseling. Di saat dampak dari interaksi sosial, kemajuan zaman dan gejolak problematika muncul, manusia yang tidak dapat memahminya, maka akan terjerumus kejalan yang salah, keliru dan melanggar. Oleh sebab itulah Bimbingan danK onseling Islam berperan penting dalam kemajuan dunia. Keberadannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat pada umumnya, guna memberi peringatan, nasihat, bantuan dan pemecahan masalah, dan membantu agar tidak kembali kejalan yang salah. (hidup terarah, sesuai dengan norma dan tuntunan Agama). Rumusan masalah yang dibahas dalam skripsi ini , Bangaimana interaksi sosial pada mahasiswa jurusan SI Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Bagaimana kecerdasan emosi pada mahasiswa Jurusan SI Fakultas Dakwah dan Komunikasi.Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui bagaimana interaksi sosial pada mahasiswa jurusan SI Fakultas Dakwah dan Komunikasi, untuk mengetahui bagaimana interaksi sosial mahasiswa jurusan SI Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Bagaimana kecerdasan emosi pada mahasiswa Jurusan SI Fakultas Dakwah dan Komunikasi, dan untukmengetahui kecerdasan emosi pada mahasiswa Jurusan SI Fakultas Dakwah dan Komunikasi, maka penelitian ini mengunakan jenis Field Research (Penelitian Lapangan), jenis data kuantitatif. Adapun sumber data primernya adalah mahasiswa Jurusan SI Angkatan 2012 Fakultas Dakwah dan Komunikasi, sumber data sekundernya adalah literatur-literatur. Populasipenelitiansebanyak 227 orang dansampel70 orang, melaluiRandom Sampling.Adapunmetodepengumpulan data yaituobservasi,danangket. Untukmenganalisa datadigunakanrumus perhitungan persentase yaitu P= ி ே ×100%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pertama, Interaksi sosial pada Mahasiswa Jurusan SI Fakultas Dakwah dan Komunikasi adalah Sedang. Kedua, Kecerdasan Emosi Pada Mahasiswa Jurusan SI Fakultas Dakwah dan Komunikasi adalah Sedang. Berdasarkan perhitungan persentasebahwa mahasiswa Jurusan SI Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang tidak dipilih atau kurang berinteraksi sosial dengan teman-temannya 29 responden atau 41,42 % atau kurang dari 50 %, dan Kecerdasan Emosi Pada Mahasiswa Jurusan SI Fakultas Dakwah dan Komunikasi tidak dipilih atau kurang dari setengahnya yaitu sebanyak 28 responden atau 40 % atau kurang dari 50%

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:42
Last Modified: 13 Sep 2021 03:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10059

Actions (login required)

View Item View Item