FITRIYANTI, YUYUN (2015) PENGARUH FILM ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KISAH NABI ADAM A.S MATA PELAJARAN PAI KELAS IV SD NEGERI 27 PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
YUYUN FITRIYANTI (11210209).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini yang berjudul “Pengaruh Film Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kisah Nabi Adam A. S Mata Pelajaran PAI Kelas IV SD Negeri 27 Palembang”. Penelitian ini dilatarbelakangi karena proses pembelajaran PAI di SD Negeri 27 Palembang masih menggunakan metode pembelajaran Konvensional sehingga siswa kurang tertarik pada pelajaran dan hasil belajar kurang maksimal. Untuk itulah peneliti mencari cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dengan menggunakan media Film Animasi Audio-Visual, diharapkan siswa dapat mengembangkan ide dan konsep belajarnya terhadap materi yang telah dipelajari serta berbagi pengalaman kepada rekan atau teman-temanya yang lain. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana hasil belajar siswa kelas Eksperimen di kelas IV A SD Negeri 27 Palembang dengan menggunakan media Film Animasi Audio-Visual, pada mata pelajaran PAI Materi kisah nabi Adam A.S dan bagaimana hasil belajar siswa kelas Kontrol di kelas IV B SD Negeri 27 Palembang dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran PAI Materikisah nabi Adam A.S, apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas Eksperimen di kelas IV A SD Negeri 27 Palembang dengan kelas Kontrol di kelas IV SD Negeri 27 Palembang Pada mata pelajaran PAI materi kisah nabi Adam A.S Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen Quasi Eksperimen Design dengan Nonquivalent control group design dan data diperoleh dari hasil pre-test dan post-test kelas Eksperimen dan kelas Kontrol. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV A sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 26 siswa dan kelas IV B sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 25 siswa. untuk menjawab rumusan masalah maka teknik analisis data yang digunakan yaitu uji “T” untuk dua sampel kecil yang tidak mempunyai hubungan. Hasil belajar pre-test siswa kelas Eksperimen dan kelas Kontrol tidak terdapat perbedaan yang signifikan yakni 2,4 > 2,01.. Sedangkan hasil belajar post-test antara kelas Eksperimen dan kelas Kontrol terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini terlihat dari hasil uji “t” yang menunjukkan bahwa to lebih besar daripada tt baik pada taraf signifikansi 5% dengan perincian 6,38 > 2,01. Ini berarti HO ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan pada mata pelajaran PAI materi kisah nabi Adam A.S antara kelas Eksperimen yang menggunakan media Pembelajaran Film Animasi Audio-Visual dengan kelas Kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Film Animasi Audio-Visual.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 14 Jul 2017 08:01 |
Last Modified: | 14 Jul 2017 08:01 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/1013 |
Actions (login required)
View Item |