PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII MTS PATRA MANDIRI PLAJU PALEMBANG

Anwar, Indah (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII MTS PATRA MANDIRI PLAJU PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Keaktifan belajar siswa adalah kegiatan siswa dapat membawa perubahan kearah yang lebih baik pada diri siswa karena tempat adanya interaksi antara individu. Cara belajar siswa terutama pada mata pelajaran biologi sangatlah berbeda, seperti yang terjadi pada siswa di MTs Patra Mandiri Plaju Palembang. Penelitian dilaksanakan selama 1 bulan. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisis data hasil belajar postest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model team assisted individidualization dalam pembelajaran biologi materi klasifikasi mahluk hidup terhadap keaktifan belajar siswa di kelas VII MTS Patra Mandiri Plaju Palembang. Pengujian homogenitas data dalam penelitian ini menggunakan uji F hitung dari hasil pengujian yang dilakukan pada analisis data postest di dapat Fhitung = 1.76 pada tahap signifikan 5 % dan 1% diperoleh Ftabel = 1.84 dilihat dari perhitungan Fhitung< Ftabel hal ini berarti Ha diterima Ho ditolak dan kedua data tersebut bersifat homogen. Pengujian hipotesis dalam pengujian ini menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan analisis hasil belajar postest yaitu Thitung = dengan Ttabel 1.69 terlihat bahwa Thitung >Ttabel artinya “ Ada pengaruh penggunaan model team assisted individualization terhadap keaktifan siswa pada materi klasifikasi mahluk hidup di MTS Patra Mandiri Plaju Palembang. Penerapan model team assisted individualization terhadap keaktifan belajar siswa sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dapat menambah keaktifan siswa dan mampu mengoptimalkan motivasi dan keberanian siswa dalam proses belajar. Kata Kunci: Keaktifan Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? LA ??
?? LB1603 ??
500 Sains dan Matematika > 500 Sains (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:52
Last Modified: 13 Sep 2021 04:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10277

Actions (login required)

View Item View Item