PENERAPAN METODE SAM’IYYAH SYAFAWIYAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MI AZIZAN PALEMBANG

TAJJRI, MUHAMMAD (2015) PENERAPAN METODE SAM’IYYAH SYAFAWIYAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MI AZIZAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Gabungan Skripsi.docx

Download (125kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Penerapan Metode Sam’iyyah Syafawiyah Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Mufradat pada Siswa Kelas III Mata Pelajaran Bahasa Arab di MI Azizan Palembang. Alasan peneliti ingin membahas masalah ini karena MI ini belum menggunakan metode Sam’iyyah Syafawiyah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana hasil belajar siswa materi mufradat pada siswa kelas III mata pelajaran Bahasa Arab sebelum dilakukan penerapan Metode Sam’iyyah Syafawiyah di Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang? Bagaimana hasil belajar siswa materi mufradat pada siswa kelas III mata pelajaran Bahasa Arab sesudah dilakukan penerapan Metode Sam’iyyah Syafawiyah di Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang? Apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa materi mufradat pada siswa kelas III sebelum dan sesudah penerapan Metode Sam’iyyah Syafawiyah di Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Sam’iyyah Syafawiyah ini dapat meningkatkan hasil belajar materi mufradat pada siswa mata pelajaran Bahasa Arab MI Azizan Palembang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen, subjek penelitian eksperimen ini adalah siswa kelas III sebagai eksperimennya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk angka dan diperjelas dengan narasi deskriftif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MI Azizan Palembang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisa uji tes “t”. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada perbedaan hasil belajar materi mufradat pada siswa kelas III mata pelajaran Bahasa Arab di kelas eksperimen, penggunaan tes “t” untuk menguji satu sampel dengan metode Sam’iyyah Syafawiyah terhadap hasil belajar materi mufradat pada siswa MI Azizan Palembang menunjukkan bahwa nilai yaitu lebih besar dari nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,20 dan t tabel pada taraf signifikansi 1% yaitu 3,11. Dengan kata lain 2,20<>3,11 maka Hipotesis Nihil ditolak. Artinya metode Sam’yyah Syafawiyah ini dapat diterapkan pada siswa untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:08
Last Modified: 13 Sep 2021 06:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10289

Actions (login required)

View Item View Item