KONTRUKSI PEMBERITAAN MEDIA ONLINE TERKAIT KASUS BOM BUNUH DIRI DI 3 GEREJA KOTA SURABAYA (Analisis Framing Pemberitaan Kompas.id)

ALI AKBAR, M (2017) KONTRUKSI PEMBERITAAN MEDIA ONLINE TERKAIT KASUS BOM BUNUH DIRI DI 3 GEREJA KOTA SURABAYA (Analisis Framing Pemberitaan Kompas.id). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (909kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Ali Akbar Bab 1 Revisi Teror.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Ali Akbar Bab 2 Revisi Teror.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Ali Akbar Bab 3 Revisi Teror.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Ali Akbar Bab 4 Revisi Teror.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Ali Akbar Bab 5 Revisi Teror.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Konstruksi Pemberitaan Media Online Terkait Kasus Bom Di Kota Surabaya (analisis framing pemberitaan media online Kompas.id), dengan mengajukan satu permasalahan yakni Kompas dalam pemberitaan berita seperti halnya Kasus terorisme di Surabaya, cenderung meledak-ledak. Seperti perbandingan Republika yang lebih menonjolkan pelaku terorisme tidak ada sangkut pautnya dengan agama yang dianutnya, juga Islam tidak memerintahkan pada kegiatan teror antar manusia. Kompas lebih meledak-ledakan berita dalam kasus ini seakan menjadi problem hebat dan mengkambing hitamkan alasan agama. Ini yang menarik peneliti untuk meneliti bagaimana framing pemberitaan Kompas.id dalam memberitakan kasus terorisme yang terjadi di 3 Gereja Kota Surabaya. Dalam konteks framing pemberitaannya berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan metodologi analisis framing dengan model Zondang Pan & Gerald M. Kosicki, pisau analisis model Zondang Pan & Gerald M. Kosicki ini terdiri dari empat struktur Sintaksis Skrip Tematik Retoris hasil analisis akan membedah berita per edisi yang paling menggambarkan framing pemberitaannya. Yang mana dapat disimpullkan media online nasional yakni Kompas.id ini memiliki framing tersendiri dalam menyampaikan fakta yang dikumpulkan oleh para wartawannya, KOMPAS.id ini memiliki kecenderungan menganggap bahwa para pelaku teror Bom adalah para Simpatisan NIIS orang yang merasa Simpatik dengan keadaan Negara Islam Irak dan Suriah yang saat ini sedang dilanda Perang. Kata kunci : Analisis framing, Media online, Terorisme

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70202 - Jurnalistik
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:59
Last Modified: 13 Sep 2021 06:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10387

Actions (login required)

View Item View Item