NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA DENGAN KONSEP BHINNEKA TUNGGAL IKA (Studi Analisis Q.S Al-Hujurat Ayat 13 dan Q.S Al-Kafirun Ayat 1-6)

ANDRIYANI, DESI (2017) NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA DENGAN KONSEP BHINNEKA TUNGGAL IKA (Studi Analisis Q.S Al-Hujurat Ayat 13 dan Q.S Al-Kafirun Ayat 1-6). Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
tesis lengkap.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ndonesia merupakan negara yang kaya akan keberagaman dan pluralisme dalam masyarakatnya baik itu dari segi ras, suku, agama, budaya dan lain sebagainya. Namun, dalam beberapa kasus tingginya tingkat keberagaman dan pluralisme tersebut memicu adanya konflik. Dimana, konflik sering terjadi yaitu menyangkut permasalahan antar agama. Salah satunya yaitu kasus penistaan agama yang dilakukan oleh gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Hal ini, memicu rekasi keras dari umat Islam hingga terjadinya demo besar-besaran diberbagai daerah Indonesia. Namun, aksi demo tersebut dibalas dengan gerakan Bhinneka Tunggal Ika. Dimana, gerakan tersebut menampilkan pandangan bahwa Islam fanatisme, intoleransi, dan tidak cinta tanah air. Padahal, Islam menjunjung tinggi toleransi baik secara sosial ataupun dalam beragama sebagaimana yang terdapat dalam surah al-Hujurat ayat 13 dan surah al-Kafirun ayat 1-6. Penelitian ini ingin memaparkan bagaimana relevansi antara ayat-ayat diatas dengan konsep Bhinneka Tunggal Ika dengan menggunakan metode tahlili. Dari penelitian ini, didapatkan kesimpulan bahwa relevansi antara nilai-nilai tolerasi dalam surah al Hujurat ayat 13 dan surah al Kafirun ayat 1-6 dengan konsep Bhinneka Tunggal Ika ialah terdapat pada adanya semangat sosial untuk mengembangkan paham keagamaan yang insklusif, menerima adanya pluralisme, serta menerapkan nilai kesetaraan dan keadilan sosial dengan cara saling mengenal, memahami dan menghargai dalam kehidupan sosial dan beragama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: ?? Ilmu_Alquran_Tafsir(S2) ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Sep 2021 01:09
Last Modified: 14 Sep 2021 01:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10562

Actions (login required)

View Item View Item