PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 5 PALEMBANG

Sabatini, Nurlaila (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 5 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
1 HALAMAN JUDUL.docx

Download (33kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI.docx

Download (22kB)
[img] Text
9 ABSTRAK.docx

Download (31kB)
[img] Text
9 ABSTRAK.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (75kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (49kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (29kB)

Abstract

ABSTRAK Judul penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 5 Palembang”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Pertama. Bagaimana hasil belajar siswa kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 5 Palembang, Kedua. Bagaimana hasil belajar siswa kelas yang tidak diterapakan model pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 5 Palembang, Ketiga. Adakah peningkatan hasil belajar siswa yang diterapkan dan yang tidak diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 5 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan design Pretest Posttest Control Group Design dengan jenis data yang di gunakan adalah jenis data kuantitatif, serta menggunakan sumber data primer dan sekunder, data primer yaitu Siswa, Guru, Kepala Sekolah di SMA Negeri 5 Palembang, sedangkan data sekunder yaitu buku-buku dan semua aspek yang menunjang penelitian. Populasi dalam penelitian ini diambil dari seluruh kelas XI yang terdiri dari 233 orang dan pengambilan sampel dilakukan dengan cara Claster Sampling. Dalam penelitian ini dipilih secara acak dan kelas yang telah terpilih ada 2 kelas yaitu XI MIA1 yang berjumlah 25 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3 berjumlah 25 orang sebagai kelas kontrol. Hasil belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw (XI MIA1) yaitu siswa yang mendapat nilai tinggi (91 keatas) diperoleh 12 orang siswa dengan persentase 48% , sedang (73-91) diperoleh 13 orang dengan persentase 22%. Hasil belajar siswa yang tidak diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw (XI MIA3) yaitu siswa yang mendapat nilai tinggi ( 86 keatas) diperoleh 2 orang siswa dengan persentase 8% , sedang (75-86) diperoleh 23 orang dengan persentase 92% . Terdapat peningkatan yang signifikan antara kelas yang tidak diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw dan hasil belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw. Hal ini dapat dilihat dari uji kesamaan dua rata-rata sebelum diberikan perlakuan “t0“ = 0,736 karena thitung lebih kecil dari ttabel baik pada taraf signifikansi 5% (2,000) dan 1% (2,660), maka hipotesis nihil diterima dan hipotesis alternatif ditolak. Sedangkan uji hipotesis (setelah diberi perlakuan) berdasarkan perbandian menunjukan bahwa dengan diperoleh thitung = 4,389 karena thitung lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikansi 5 % (2,000) dan 1 % (2,660), maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mengajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw memberikan peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BL ??
?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Sep 2021 01:09
Last Modified: 14 Sep 2021 01:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10564

Actions (login required)

View Item View Item