PENGARUH PENERAPAN METODE PRAKTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PEMULUTAN OGAN ILIR

HOLIFIAH, HOLIFIAH (2020) PENGARUH PENERAPAN METODE PRAKTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PEMULUTAN OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

produktif dan variatif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dengan pemanfaatan penerapan metode pembelajaran praktik diharapkan mampu menciptakan pembelajaran lebih efektif dalam tercapainya tujuan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Metode praktik merupakan cara mengajarkan materi secara praktik dengan mempreragakan langsung bagaimana sebuah proses atau cara itu dilakukan, tidak sekedar menjelaskan dan menggambarkan suatu proses itu dalam kata-kata atau penjelasan saja, namun dengan memperagakan secara langsung. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran praktik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMA Negeri 1 Pemulutan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan Quasi Experimental design. Populasi yang digunakan seluruh kelas XI di SMA Negeri Pemulutan tahun 2017/2018. Dari 5 kelas populasi, dua kelas diambil sebagai sampel penelitian. Kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kontrol, dengan penentuan sampel dengan teknik sampel simple random sampling. Pada penelitian ini dilaksanakan 4 kali pertemuan pada tiap kelas penelitian. Kelas ekperimen menerapkan metode pembelajaran praktik dan kelas kontrol dengan menerapkan metode pembelajaran konvensional. Dari hasil analisis yang telah dilakukan setelah penelitian, diperoleh nilai N-gain pada peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, yaitu 0,8 (tinggi) dan 0,5 (sedang). Selain peningkatan dari nilai N-gain terdapat pula hasil analisis uji hipotesis yang dilakukan dengan perhitungan uji t. hasil yang didapat adalah nilai thitung > ttabel (2,590 > 1,677) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode pembelajaran praktik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMA Negeri 1 Pemulutan Ogan Ilir. Pada penelitian selanjutnya hendaknya melengkapi dengan meneliti aspek yang lebih terperinci lagi, dengan penerapan metode pembelajaran praktik dengan model lain yang lebih variatif . Kata Kunci : Metode Pembelajaran Praktik; Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Praktik Hasil Belajar Siswa
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 15 Sep 2021 06:14
Last Modified: 15 Sep 2021 06:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10666

Actions (login required)

View Item View Item