Heryadi, Heryadi (2016) PEMBINAAN HAFALAN AL-QURAN SISWA KELAS V SD ISLAM TERPADU AL-FURQON PALEMBANG. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Ada suatu keunikan yang peneliti temui dimana mungkin kita sering menemui para penghafal Al-Qur’an bagi usia dewasa dan remaja, bahkan tidak jarang juga yang menghafalnya ketika mereka sudah lanjut usia. Disini peneliti mencoba melakukan penelitian pada penghafal Al-Qur’an di usia anak-anak. Mungkin suatu yang sangat luar biasa karena dalam masa-masa usia yang relatif sangat muda dibandingkan dengan yang lain mereka justru bisa menguasai hafalan Al-Qur’an secara keseluruhan yaitu 30 juz. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang metode yang digunakan pada Sekolah Dasar Islam Tahfidzul Qur’an di SDITQ Al-Irsyad. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) bagaimanakah metode tahfidzul qur’an di Sekolah Dasar Islam Tahfidzul Qur’an (SDITQ) Al-Irsyad desa Butuh kecamatan Tengaran tahun 2013 ? (2) bagaimanakah hasil pelaksanaan hafalan Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Tahfidzul Qur’an (SDITQ) Al-Irsyad desa Butuh kecamatan Tengaran tahun 2013 ? (3) Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan hafalan Al-Quran di SDITQ Al-Irsyad ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Tahapan penelitian ini meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa, (1) metode tahfidzul qur’an yang digunakan di SDITQ adalah metode Pakistani, jenis metode ini meliputi diantaranya adalah Sabak, Sabki dan Manzil. Tujuan metode ini adalah untuk mempermudah siswa dalam menghafal dan menjaga hafalannya. Media yang digunakan yaitu: Al-Qur’an, buku iqro’, buku tajwid, handphone MP3, Al-Qur’an digital, alat tulis, formulir hafalan siswa. Langkah-langkah pelaksanaan metode ini pada umumnya tidak jauh berbeda dengan pelajaran umum, hanya saja metode dan media yang digunakan berbeda dengan yang lainnya, Peranan guru sangat dibutuhkan karena perlu perhatian yang banyak, kesabaran, konsentrasi serta komitmen dalam membina hafalan siswa. Sedangkan peranan siswa merupakan sebagai pembelajar lansung dan aktif, (2) hasil penggunaan metode ini cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan jumlah hafalan siswa dan prestasi lomba. Kelebihan dari metode ini adalah kegiatan hafalan siswa menjadi terprogram, (3) faktor pendukung bagi siswa di asrama dan non asrama antara lain: proses menghafal dipantau lansung oleh ustadz, suasana kondusif dan sarana prasana yang memadai, memiliki teman-teman yang sama-sama menghafal, terkondisikan oleh jadwal. Faktor Penghambat bagi siswa asrama dan non asrama adalah: malas, kurang memuroja’ah hafalan, tidak berbakat menghafal, mengantuk, lupa, banyak bermain. Motivasi yang diberikan yaitu, memberikan reward voucer belanja, hadiah berupa perlengkapan alat tulis, memberikan perhatian kasih sayang, nasehat serta tausiyah mengenai keutamaan menghafal. Cara mengatasi faktor diantaranya: memberikan pembinaan kepada siswa, mengevaluasi kendala yang ditemui, memberikan motivasi dan nasehat kepada siswa agar senantiasa rajin menghafal, berkerja sama dengan pihak wali siswa dalam mengatasi kendala tersebut serta memberikan hukuman yang mendidik bagi siswa melanggar ketika kegiatan tahfidz.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hafalan Al-Qur'an, tahfizd |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 08:35 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 08:35 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/108 |
Actions (login required)
View Item |