PENGARUH PENGGUNAAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SDN 88 PALEMBANG

WIDATY, ADISTY (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SDN 88 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penggunaan metode Make A Match. Adapun rumusan masalah dalam skripsi penelitian ini: (1) bagaimana pengaruh penggunaan metode Make A Matchpada mata pelajaran IPA di SD Negeri 88 Pslembang? (2) bagaimana motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya metode Make A Match pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 88 Palembang? (3) apakah terdapat pengaruh penggunaan metode Make A Match terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 88 Palembang?. Skripsi ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang menekankan pada suatu penelitian yang benar-benar dilakukan. Sampel dalam penelitian ini penulis mengambil kelas V yang berjumlah 30 siswa dengan melihat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa sebelum dan sesudah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara, dokumentasi, observasi, dan angket motivasi belajar. Penulis menggunakan analisa uji ‘t’ dan TSR. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa: (1) pengaruh penggunaan metode Make A Match pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 88 Palembang ini dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan, yaitu 2 hari dikelas kontrol dan 2 hari dikelas eksperimen materi komponen ekosistem pada mata pelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar Negeri 88 Palembang saat dikelas kontrol rata-rata nilai 63 dan di kelas eksperimen setelah diberikan berlakuan 2 kali pertemuan denganrata-rata nilai 83. (2) motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya metode Make A Match mata pelajaran IPA di SD Negeri 88 Palembang.dilihat dari persentasi motivasi belajar siswa dikelas kontrol dengan tinggi 13,33 %, sedang 60%, dan rendah 26,67%. Jadi motivasi belajar siswa dikelas kontrol tergolong rendah sedangkan motivasi belajar siswa dikelas eksperimen dengan tinggi 20%, sedang 70%, dan rendah 10% jadi motivasi belajar siswa dikelas eksperimen tergolong tinggi. (3) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan metode Make A Match terhadap motivasi belajar siswa dilihat dari hasil uji hipotesis dengan merujuk pada uji “t” di dapatkan besarnya T yang diperoleh dalam perhitungan t0= 36,39 dan besarnya “t” yang tercantum pada tabel nilai t (tt.ts 5%= 2,04 dan tt.ts1%= 2,75) maka dapat diketahui bahwa t0 lebih besar daripada tt yaitu 2.04<36,39>2.75. Dengan demikian maka hipotesis nihil (H0) yang diajukan ditolak. Ini bearti bahwa adanya pengaruh penggunaan metode Make A Matchterhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 88 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 04:23
Last Modified: 17 Sep 2021 04:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10853

Actions (login required)

View Item View Item