BENTUK PARTISIPASI POLITIK MUSLIM TIONGHOA DI KAMPUNG BINTANG KOTA PANGKALPINANG DALAM PEMILIIHAN LEGISLATIF (PILEG) PERIODE 2014-2019

JULIA, SILVI (2018) BENTUK PARTISIPASI POLITIK MUSLIM TIONGHOA DI KAMPUNG BINTANG KOTA PANGKALPINANG DALAM PEMILIIHAN LEGISLATIF (PILEG) PERIODE 2014-2019. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Silvi SKRIPSI Lengkap.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus kepada bentuk partisipasi poitik Muslim Tionghoa di Kampung Bintang Kota Pangkalpinang dalam Pileg Periode 2014-2019. Partisipasi ini penting diteliti untuk melihat bagaimana bentuk serta apa saja yang mempengaruhi tingkat partisipasi yang ada di Kampung Bintang. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori partisipasi politik dengan jenis pendekatan perilaku politik. Terdapat dua rumusan masalah dalam penelitian ini. Pertama, apa saja bentuk-bentuk partisipasi politik Muslim Tionghoa yang ada di Kampung Bintang Kota Pangkalpinang. Kedua, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi partisipasi politik Muslim Tionghoa yang ada di Kampung Bintang Kota Pangkalpinang. Adapun hasil dari penelitian ini adalah; bentuk-bentuk partisipasi yang paling banyak diikuti masyarakat Muslim Tionghoa di Kampung Bintang seperti pemberian suara (voting), komunikasi individual dengan pejabat politik dan administratif, serta membentuk dan bergabung dalam kelompok kepentingan. Selain dari bentuk-bentuk partisipasi politik Muslim Tionghoa di Kampung Bintang terdapat juga faktor-faktor yang mempengaruhinya seperti; faktor pendorong yang mempengaruhi etnis Tionghoa/Muslim Tionghoa untuk turut serta dan ikut andil dalam partisipasi politik di Kampung Bintang seperti : status sosial dan ekonomi, situasi, afiliasi orang tua, pengalaman berorganisasi, kesadaran politik, kepercayaan terhadap pemerintah, dan perangsang partisipasi melalui sosialisasi media massa dan diskusi-diskusi informal. Selain faktor pendorong adapun faktor pendukung yang mempengaruhi tingkat partisipasi politik Muslim Tionghoa di Kampung Bintang yaitu akulturasi budaya yang tinggi di Kota Pangkalpinang, terbukti dengan setiap diadakannya kegiatan pemilu disini selalu terlihat kondusif. Faktor penghambat yang menyebabkan buruk/rendahnya tingkat partisipasi politik itu sendiri dikarenakan: pemerintah, partai politik, dan penyelenggaraan pemilu itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? J1 ??
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 74237 - Politik Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 04:23
Last Modified: 17 Sep 2021 04:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10862

Actions (login required)

View Item View Item