ANALISIS WACANA PEMBERITAAN PRA PILKADA SUMATERA SELATAN PADA RUBRIK BERITA PAGI (EDISI 1 NOVEMBER- 8 DESEMBER 20115

Rahmawati, Anisa (2016) ANALISIS WACANA PEMBERITAAN PRA PILKADA SUMATERA SELATAN PADA RUBRIK BERITA PAGI (EDISI 1 NOVEMBER- 8 DESEMBER 20115. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1 - 5.pdf

Download (946kB) | Preview

Abstract

Media massa merupakan kekuatan raksasa yang dapat mempengaruhi khalayak, terlebih dalam ajang Pemilihan Kepala Daerah, media adalah alat utama untuk menyampaikan komunikasi politik oleh para aktor politik yang berlomba merebutkan kekuasaan. Adapun komunikasi politik itu berupa penggunaan bahasa dan teks dalam berpolitik. Seringkali media menggunakan bahasa yang mencerminkan keberpihakannya terhadap calon tertentu, dengan mengkemas berita semenarik mungkin sehingga mampu mengubah ideologis pembaca dan menggiring opini publik. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis Wacana yang ada di Harian Umum Berita Pagi bertemakan Pemberitaan Pra Pilkada edisi 1 November- 8 Desember 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana agenda media Berita Pagi dalam Pembingkaian pesan mengenai pemberitaan pra pilkada 2015? 2) Apakah ada pesan tersembunyi dalam pemberitaan kampanye pra pilkada di Harian Umum Berita Pagi? Penelitian ini menggunakan metode penelitian teks media. Penelitian ini lebih melihat bagaimana kata, kalimat, dan paragraf diproduksi hingga menjadi wacana. Data-data yang akan diperoleh akan dianalisis menggunakan model analisis wacana yang diperenalkan Teun Van Dijk kemudian model analisis Framing Zhindang Pan dan Gerald M Kosciki dan mengguankan teori Agenda Setting. Analisis wacana Van Dijk menggunakan tiga tekhnik yaitu analisis teks, kognisi sosial, dan analisis konteks sosial serta mengolaborasikan enam elemen yaitu tematik, skematik, semantik, sintaksis, stilistik dan retoris. Model Framing Zhindang Pan dan Gerald M Kosciki mengguanakan empat struktur, yaitu struktur sintaksis, skrip, tematik dan retoris, Kemudian yang terakhir Teori Agenda Setting, yaitu menganalisis adanya penonjolan berita yang di agendakan oleh media. Hasil dari Pemberitaan Pra Pilkada di Harian Umum Berita Pagi adalah adanya agenda media dan keberpihakan media mengenai pemberitaan pilkada jelas terlihat dari penonjolan kata dengan menyajikan berita pada salah satu calon kandidat pilkada yang diusung oleh partai Golkar. Kemudian Pemberitaan di harian umum Berita Pagi tidak adanya pesan tersembunyi ataupun berita negatif yang menjatuhkan Calon Kandidat lain seperti pemberitaan menyangkut Black Campaign. Kata kunci: Wacana, Berita, Pilkada

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? ZA ??
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70202 - Jurnalistik
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 06:31
Last Modified: 17 Sep 2021 06:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11012

Actions (login required)

View Item View Item