Trinawati, Desi (2015) PENGARUH PENERAPAN MEDIA BENDA ASLI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI MADRASAH IBTIDA’IYAH HIDAYATUSSALIKIN AIR ITAM PANGKALPINANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
Text
Skripsi Desi Trinawati. NIM. 11270012. PGMI..docx Download (3MB) |
Abstract
Di suatu lembaga pendidikan yang bersifat formal seperti Madrasah, keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari hasil belajar siswa dalam prestasi belajarnya. Kualitas dan keberhasilan belajar siswa sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru memilih dan menggunakan metode maupun media pengajaran. Umumnya, lembaga pendidikan Islam terkhusus guru Matematika harus selalu berorientasi pada penggunaan media yang bervariasi dalam meningkatkan keefektifan siswa dalam belajar. Judul penelitian ini adalah “Pengaruh Penerapan Media Benda Asli Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di Madrasah Ibtida’iyah Hidayatussalikin Air Itam Pangkalpinang. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana penerapan media benda asli pada mata pelajaran Matematika kelas III B di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatussalikin Air Itam Pangkalpinang? 2) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan media benda asli pada mata pelajaran Matematika kelas III B di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatussalikin Air Itam Pangkalpinang? 3) Apakah ada pengaruh penerapan media benda asli terhadap hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan pada mata pelajaran Matematika kelas III B di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatussalikin Air Itam Pangkalpinang? Penelitian ini merupakan Jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini, penulis hanya mengambil kelas III B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 siswa berdasarkan stratified random sampling. Tekhnik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, tes (pre-test dan post-test), dan dokumentasi. Analisis data untuk mengambil kesimpulan menggunakan rumus tes “t” untuk sampel kecil yang saling berhubungan. Adapun hasil penelitian ini yaitu hasil observasi menunjukkan bahwa penerapan media benda asli pada mata pelajaran Matematika tergolong baik. Hasil belajar siswa pada pos-test mengalami peningkatan skor mean jika dibandingkan dengan pre-test yaitu 57 (pre-test) meningkat menjadi 72 (post-test). Sedangkan untuk uji perbandingan didapatkan kesimpulan setelah membandingkan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan(= 16,23) dan besarnya t yang tercantum pada tabel t (= 2,06) dan = 2,78) maka dapat diketahui bahwa lebih besar dari pada ; yaitu 16,23>2,78. Jadi, karena lebih besar dari pada maka hipotesa nihil yang diajukan ditolak, ini berarti bahwa ada pengaruh penerapan media benda asli terhadap hasil belajar siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatussalikin Air Itam Pangkalpinang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? ?? LB1501 ?? 500 Sains dan Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 17 Sep 2021 07:27 |
Last Modified: | 17 Sep 2021 07:27 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11053 |
Actions (login required)
View Item |