PENANGGULANGAN KEMISKINAN MELALUI DANA BANTUAN SOSIAL PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) STUDI DESA TANJUNG BERINGIN OKI DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH

muhlisin, muhlisin (2018) PENANGGULANGAN KEMISKINAN MELALUI DANA BANTUAN SOSIAL PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) STUDI DESA TANJUNG BERINGIN OKI DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (833kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Dalam rangka percepatan penanggulangan Kemiskinan sekaligus pengembangan kebijakan di bidang perlindungan sosial, sejak tahun 2007 Pemerintah Indonesia telah melaksanakan Program Keluarga Harapan atau disebut dengan istilah PKH. PKH merupakan program bantuan tunai bersyarat bagi keluarga miskin . hadirnya PKH diharapkan mampu mengurangi penduduk miskin ekstrim dan kelaparan, pencapaian pendidikan dasar, pengurangan angka kematian bayi dan balita, serta kematian ibu melahirkan. Dalam program PKH keluarga sangat miskin memiliki akses yang lebih baik untuk memanfaatkan pelayanan sosial dasar kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, termasuk menghilangkan kesenjangan sosial, ketidakberdayaan dan keterasingan sosial yang selama ini melekat pada keluarga miskin. Penelitian ini bersifat kualitatif dimana data diperoleh dan diungkapkan bertujuan meneliti suatu masalah. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan cara wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi untuk menjawab permasalahan dalam penelitian mengenai pelaksanaan bantuan sosial PKH dalam upaya penanggulangan kemiskinan di desa Tanjung Beringin OKI. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan program bantuan sosial PKH di desa tanjung beringin sudah berjalan dengan baik jika ditinjau dari segi manfaat nyata yang dirasakan yaitu dengan adanya layanan fasilitas kesehatan, dan fasilitas pendidikan. Hadirnya PKH di desa Tanjung Beringin dapat dikatakan telah mampu menanggulangi kemiskinan, mengurangi beban keluarga Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) Namun persoalan yang dihadapi ialah ketergantungan masyarakat akan bantuan sosial PKH, lalu sasaran penerima bantuan sosial PKH belum menyentuh sepenuhnya keluarga golongan miskin ke bawah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? Hukum ??
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 06:49
Last Modified: 20 Sep 2021 06:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11154

Actions (login required)

View Item View Item