SESI, SESI (2017) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAMDALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAHMURID KELAS V DI SD NEGERI 1 PERIGI KECAMATANPANGKALANLAMPAM KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
SESI (11210165).pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Strategi guru PAI sangatlah penting dalam Pembinaan akhlak murid, karena akhlak tidak cukup hanya dipelajari, tanpa ada strategi untuk membentuk pribadi yang berakhlak. Melihat fenomena yang terjadi di SD Negeri 1 Perigi Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir, murid berkelahi sesama teman, dan keluar masuk kelas tanpa permisi. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui akhlak murid, kedua, untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak murid dan ketiga, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlakul karimah murid kelas V di SD Negeri 1 Perigi Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir. Permasalahan dalam penelitian adalah bagaimana akhlak murid kelas V di SD Negeri 1 Perigi Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir? bagaimana strategi yang digunakan oleh guru dalam pembinaan akhlakul karimah murid kelas V di SD Negeri 1 Perigi Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir? faktor apa saja yang mendukung dan menghambat Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan akhlak Murid kelas V di SD Negeri 1 Perigi Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh murid kelas V Tahun ajaran 2017. Sedangkan sampel dari penelitian ini terdiri dari 25 orang murid kelas V di SD Negeri 1 Perigi Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun ajaran 2016-2017. Data dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data yang berupa observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Setelah dilakukan analisis data, Secara umum akhlak murid kelas V di SD Negeri 1 Perigi Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir dapat dikatakan sedang (karena dari 25 orang responden 18 orang atau 72% ), sikap dan perilaku murid biasa-biasa saja seperti anak-anak lainnya. Maka hasil penelitian ini diketahui bahwa dari 25 orang responden 18 orang atau 72% masuk dalam kategori sedang. Sedangkan dalam kategori baik hanya 3 orang atau 12% dan yang termasuk kategori kurang 4 orang atau 16%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Jul 2017 02:22 |
Last Modified: | 27 Jul 2017 02:22 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/1121 |
Actions (login required)
View Item |