KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TENTANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) BERBASIS KECERDASAN MULTIPLE INTELEGENCE

NURHIDAYATI, NURHIDAYATI (2015) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TENTANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) BERBASIS KECERDASAN MULTIPLE INTELEGENCE. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (108kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (24kB)

Abstract

Nurhidayati (NIM. 11210142) Konsep Pendidikan Islam Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berbasis Kecerdasan Multiple Intelegence (IQ) Palembang Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Raden Fatah Palembang. Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan menelusuri literatur-literatur yang berhubungan dengan penelitian (library Reseach) dilakukan dengan cara menyusun dan mengelompokan data yang ada, sehingga memberikan gambaran yang nyata terhadap responden. Dengan masalah Bagaimana Konsep Pendidikan Islam Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berbasis Kecerdasan Intelegence (IQ). Yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana Konsep Pendidikan Islam Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berbasis Kecerdasan Intelegence (IQ). Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif suatu pendapat dalam melakukan penelitian yang berorentasi pada fenomena atau gejala alam dan sosial, untuk menemukan pengertian dan pemahaman yang diuraikan dengan kata-kata. Sehingga pada hasil penelitian ini adalah penemuan teori baru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis non statistik, yaitu menggunakan analisis deskriptif kualitatif, analisis yang diwujudkan bukan dalam wujud angka melainkan dalam bentuk uraian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Konsep Pendidikan Islam adalah suatu pengertian yang abstrak yang berkaitan dengan pendidikan, bersifat universal, mendasar dan teoretis. Dan merupakan wawancara manusia yang berada dalam pikirannya. Di dalam konsep pendidikan Islam diantaranya adalah landasan pendidikan Islam, tujuan pendidikan Islam, materi pendidikan Islam, metode pembelajaran pendidikan Islam, pendidik, peserta didik, dan lembaga pendidikan Islam. Pendidikan Anak Usia Dini merupakan rangkaian upaya sistematis dan terprogram dalam melakukan pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun dengan cara memberikan rangsangan terhadap seluruh aspek perkembangan agar memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan lebih lanjut. Sedangkan Kecerdasan Intelegence adalah kemampuan potensial umum untuk belajar dan bertahan hidup, dicirikan dengan kemampuan untuk belajar, berfikir abstrak, dan memecahkan masalah. Gardner menyatakan bahawa Multiple intelligence adalah suatu konsep pemikiran dapat diukur dengan penilaian IQ yang hanya menggambarkan dua kecerdasan saja, yaitu kecerdasan linguistik, logis-matematis, ruang (spatial), musik, kinestetik, intrapersonal, interpersonal dan kecerdasan naturalis.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86233 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:01
Last Modified: 20 Sep 2021 07:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11254

Actions (login required)

View Item View Item