KORELASI STRATEGI RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH MAHAD ISLAMY PALEMBANG

Atika, Nurul (2017) KORELASI STRATEGI RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH MAHAD ISLAMY PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
13270083 nurul atika.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Kreativitas belajar merupakan suatu tuntutan pendidikan yang sangat penting pada saat ini. Kreativitas mempunyai ciri aptitude dan non-aptiude. Strategi pembelajaran yang digunakan dalam penelitian adalah strategi reciprocal teaching. Sekolah yang menjadi tempat penelitian adalah Madrasah Ibtidaiyah Mahad Islami Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Strategi Reciprocal Teaching Pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Mahad Islami Palembang, Bagaimana Kreativitas Belajar Siswa Sebelum dan Sesudah diterapkan Strategi Reciprocal Teaching Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak kelas IV A di Madrasah Ibtidaiyah Mahad Islami Palembang, dan Bagaimana Korelasi Antara Penerapan Strategi Reciprocal Teaching terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IV A Di Madrasah Ibtidaiyah Mahad Islamy Palembang, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Strategi Reciprocal Teaching Pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IV A di Madrasah Ibtidaiyah Mahad Islami Palembang, untuk mengetahui Kreativitas Belajar Siswa Sebelum dan Sesudah diterapkan Strategi Reciprocal Teaching Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak kelas IV A di Madrasah Ibtidaiyah Mahad Islami Palembang, dan untuk Korelasi Antara Penerapan Strategi Reciprocal Teaching terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IV A Di Madrasah Ibtidaiyah Mahad Islamy Palembang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen Pre-experimental design (non design) bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 17 siswa di kelas IV. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa Angket. Adapun teknik pengumpulan data berupa angket yang berjumlah 10 dari indikator kreatvitas belajar . Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Korelasi Product Moment. Hasil penelitian telah kita peroleh df sebesar 15 diperoleh rtabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,482. Sedangkan pada taraf signifikan 1% sebesar 0,606. Dengan demikian maka 0,606<0,952>0,482. Ternyata rxy atau ro (yang besarnya= 0,952) jauh lebih besar dari pada rtabel (yang besarnya 0,606 dan 0,482). Karena ro lebih besar dari pada rtabel maka Hipotesis Alternatif (Ha) diterima yang berbunyi Ha : Terdapat korelasi yang signifikan antara strategi reciprocal teaching terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IV A di Mahad Islamy Palembang. Hipotesis Nol (Ho) ditolak yang berbunyi Ho: Tidak terdapat korelasi yang signifikan antara strategi reciprocal teaching terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IV A di Mahad Islamy Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:02
Last Modified: 20 Sep 2021 07:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11259

Actions (login required)

View Item View Item