PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN Di MA PATRA MANDIRI PLAJU PALEMBANG

YULIANA, YULIANA (2016) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN Di MA PATRA MANDIRI PLAJU PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Supervisi merupakan bagian dari internal dalam program pendidikan, supervisi adalah layanan yang bersifat kerja sama. Secara transedental supervisi merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka pengawasan terhadap profesi guru. Berdasarkan observasi awal peneliti, peran Kepala Sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MA Patra Mandiri Plaju dalam kategori kurang baik, guru sering kali lalai dalam dalam tanggung jawabnya seperti: sering datang terlambat, tidak melakukan perencanaan pembelajaran dengan baik, dan berdampak negatif pada peserta didik yaitu masih banyaknya siswa yang tidak memperhatikan guru yang sedang menjelaskan pelajaran di depan ataupun sibuk dengan urusan masing masing. Oleh karena itulah kegiatan supervisi ini digunakan sebagai tolak ukur untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MA Patra Mandiri Plaju. Adapun judul dari penelitian ini yaitu peran Kepala Sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Patra Mandiri Plaju, dengan rumusan masalah yaitu bagimana peran Kepala Sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Patra Mandiri Plaju? Dan Apa saja faktor faktor pendukung dan penghambat peran Kepala Sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Patra Mandiri Plaju? Adapun tujuan yang dapat di ambil yaitu Untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Patra Mandiri Plaju Palembang. Dan Untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Patra Mandiri Plaju Palembang. Adapun manfaat yang dapat di ambil yaitu secara teoritis untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas pembelajaran . Dengan adanya penelitian ini diharapkan akan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi mahasiswa yang membaca ataupun peneliti sendiri dan bagi peneliti sendiri guna untuk meningkatkan pengetahuan dan perluasan wawasan keilmuan.Secara praktis yaitu sebagai bahan masukan bagi kepala sekolah dalam mempengaruhi, mengarahkan, membimbing kepada bawahan dengan cara memperkuat keyakinan, dukungan, dorongan dan kerjasama dalam rangka mencapai sasaran dan tujuan lembaga pendidikan Islam. Dari hasil penelitian, peran Kepala Sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Madrasah Aliayah Patra Mandiri Plaju telah dilakukan dengan baik akan tetapi perlu ditingkatkan lagi, Kepala Sekolah telah semaksimal mungkin dalam membimbing, mengarahkan, merancang, memotivator mengevaluasi maupun menjaga hubungan baik dari dalam sekolah maupun dari luar. Maka dapat disimpulkan bahwa semua aktivitas sekolah berjalan dengan baik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, dengan membimbing para guru agar menunaikan tugasnya dengan penuh semangat dan kegembiraan, dan menjaga suasana baik dalam sekolah maupun dari luar. Sedangkan faktor penghambat yaitu, XII Kepala Sekolah kurang berpengalaman dalam melakukan supervisi, minimnya bantuan operasional pendidikan dari peemerintah dan sarana prasarana, pengertian yang tidak tepat tentang keterlibatan guru yang diinginkan. Sedangkan faktor pendukung yaitu, adanya kesediaan guru menerima pembinaan dari Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Patra Mandiri Plaju, partisipasi siswa yang aktiv dalam kegiatan sekolah, adanya dukungan dari pihak atasan, adanya hubungan baik antara Kepala Sekolah, yayasan, guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:03
Last Modified: 20 Sep 2021 07:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11273

Actions (login required)

View Item View Item