FIRIANI, AMANAH (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERRED HEADS TOGETHER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTS AL-AMALUL KHAIR PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
AMANAH FITRIANI (12210023).pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul: Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numberred Heads Together Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di MTs Al�Amalul Khair Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana motivasi belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numberred Heads Together pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Al-Amalul Khair Palembang?, Bagaimana motivasi belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numberred Heads Together pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Al-Amalul Khair Palembang?, Apakah terdapat peningkatan yang signifikan antara motivasi belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numberred Heads Together dan motivasi belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numberred Heads Together pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Al-Amalul Khair Palembang?.Tujuan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numberred Heads Together di MTs Al-Amalul Khair Palembang, mengetahui motivasi belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numberred Heads Together di MTs Al-Amalul Khair Palembang, serta mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numberred Heads Together dan motivasi belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numberred Heads Together di MTs Al-Amalul Khair Palembang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Eksperiemental Method dan design Post-tes only control group design. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer meliputi kepala sekolah, guru, siswa kelas VII.1 dan VII.2, sedangkan data sekunder yaitu dokumen sarana dan prasarana, struktur organisasi, keadaan guru, keadaan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII.1 28 dan kelas VII.2 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Terlebih dahulu data dikumpulkan, kemudian direkapitulasi, dianalisis dengan statistik dengan menggunakan rumus mean, standar error, TSR dan persentase serta uji t. Hasil penelitian ini adalah: pertama, motivasi belajar siswa kelas kontrol dalam kategori sedang karena dari 28 siswa terdapat 17 siswa (60%) yang mendapat nilai sedang. Kedua, motivasi belajar siswa kelas eksperimen dalam kategori sedang karena dari 25 siswa terdapat 21 orang siswa (84%) yang mendapat nilai sedang. Ketiga, terdapat peningkatan motivasi belajar antara siswa kelas kontrol dan siswa kelas eksperimen. Dari hasil analisa statistik bahwa nilai “to” lebih besar dari ttabel (baik pada signifikan 5% dan 1%) 2,00 <8,117> 2,65. Dengan demikian berarti hipotesis alternatif (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 07:03 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 07:03 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11275 |
Actions (login required)
View Item |