PENGARUH MODEL PROBING-PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MADRASAH IBTIDAIYAH MA’HAD ISLAMY I ULU LAUT PALEMBANG

JULITA, VERA (2018) PENGARUH MODEL PROBING-PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MADRASAH IBTIDAIYAH MA’HAD ISLAMY I ULU LAUT PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
VERA JULITA 14270138.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi maslah rendahnya hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA kelas V MI Ma‟had Islamy, adapun judul skripsi yang akan dibahas ialah “Pengaruh Model Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy I Ulu Laut Palembang” Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan Model Probing-Prompting pada mata pelajran IPA?.Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan Model Probing-Prompting Pada Mata Pelajaran IPA? Dan Bagaimana pengaruh model pembelajaran Probing-Prompting terhadap hasil belajar siswa?. populasi dalam penelitan ini adalah seluruh kelas V MI Ma‟had Islamy yang berjumlah 26 orang siswa, dalam penelitan ini semua populasi dijadikan sempel. Penelitian merupakan jenis penelitian eskperimen dengan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data dokumentasi, wawancara, dan tes, dalam penelitian kelas V yang menjadi sempel peneltian yang berjumlah 26 orang Hasil penelitian ini dihitung dengan rumus TRS, presentase, dan korelasi Product Moment. nilai Pre-test siswa katagorikan tertinggi sejumlah 5(25%) sedangkan siswa yang mendapatkan nilai sedang berjumlah 18 (65%) sementara siswa yang mendapatkan nilai rendah berjumlah 3 orang denggan katagori nilai 20 kebawah (10%) sedangkan unutk nilai pos-test siswa katagori tertinggi sejumlah 5(20%), sedangkan siswa yang mendapatkan nilai sedang berjumlah 15(55%), sementara siswa yang mendapatkan nilai rendah berjumlah 6 orang dengan prediket 72 kebawah (25%) berdasarkan analisi data dengan menggunakan rumus korelasi product moment ternyata terdapat pengaruhu signifikan dalam menggunakan model pembelajaran probing-prompting berdasarkan perbandingan nilai X dan Y (0,388>0,499<0,496). Kesimpulan yang dapat ditarik ialah, keberhasilan siswa di dalam proses belajar mengajar dipengeruhi oleh model pembelajaran yang telah diterapkan didalam pembelajaran yang berlangsung

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:09
Last Modified: 20 Sep 2021 07:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11307

Actions (login required)

View Item View Item