APRIYANI, DESTRI (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN SAVI (Somatis, Auditori, Visual & Intelektual) MENGGUNAKAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 1 LAWANG WETAN MUSI BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
SKRIPSI PENGARUH PEMBELAJARAN SAVI.pdf Download (24MB) | Preview |
Abstract
Strategi pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) merupakan pembelajaran yang menekankan bahwa belajar harus melibatkan alat indera sebanyak mungkin dan membuat seluruh tubuh dan pikiran terlibat dalam proses belajar, dimana dalam proses pembelajaran ini siswa aktif bergerak dan berbuat secara fisik dan intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) menggunakan metode praktikum terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Lawang Wetan Musi Banyuasin. Penelitian ini menggunakan Metode eksperimen, dengan bentuk desain eksperimen berupa Quasi Experimental Design. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 61 siswa yang terdiri dari kelas kontrol dan eksperimen. Penelitian ini dilakukan selama dua kali pertemuan dengan instrumen penilaian berupa soal tes pilihan ganda. Pada hasil penelitian Uji hipotesis akhir uji t, diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel, yaitu t hitung > t tabel atau 4,378 > 1,671. Dimana Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) menggunakan metode praktikum dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 0,8 dengan kategori tinggi, lebih tinggi dari pada kelas kontrol yang hanya mendapatkan peningkatan sebesar 0,5 dengan kategori sedang. Sedangkan, uji hipotesis akhir uji t, diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel, yaitu t hitung > t tabel atau 4,378 > 1,671. Dimana Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) menggunakan metode praktikum dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai ketuntasan klasikal sebesar 100% dengan kriteria sangat baik, lebih tinggi dari pada kelas kontrol yang hanya mendapatkan peningkatan sebesar 78,1% dengan kriteria sangat baik. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) menggunakan metode praktikum dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa pada materi pola pewarisan sifat dan hukum Mendel. Disarankan : (1) Guru dapat menggunakan strategi pembelajaran SAVI menggunakan metode praktikum sebagai pelantara untuk menyampaikan materi pembelajaran Biologi baik materi pola pewarisan sifat dan hukum Mendel maupun materi lainnya, agar materi pembelajaran mudah dipahami dan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa, (2) Strategi pembelajaran SAVI dapat menjadi salah satu strategi pembelajaran yang dapat diterapkan pada proses pembelajaran Biologi yang dapat dipadukan dengan kegiatan praktikum pada materi hukum Mendel maupun materi biologi lainnya, (3) Penulis menyadari kemampuan yang dimiliki sangat terbatas, maka perlu diadakan penelitian yang lebih lanjut mengenai pembelajaran SAVI menggunakan metode praktikum terhadap hasil belajar biologi yang lebih luas dan mendalam bukan hanya pada ranah kognitif saja namun juga pada ranah afektif dan psikomotorik. Kata Kunci : Pembelajaran SAVI; Metode Praktikum; dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 07:10 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 07:10 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11322 |
Actions (login required)
View Item |