PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN PKN DI MIN KOTA LUBUKLINGGAU

Septiani, Else (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN PKN DI MIN KOTA LUBUKLINGGAU. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ELSE.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran PKn di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Lubuklinggau. Dimana permasalahan ini terjadi karena kurangnya kepedulian para guru dengan kelemahan penguasaan konsep yang ada pada kebanyakan siswanya sehingga hasil belajar siswa rendah, salah satunya adalah dengan penggunaan metode pembelajaran yang cenderung satu arah yang memungkinan siswa menjadi pasif serta tidak adanya kemauan untuk lebih mendalami materi PKN, sehingga dalam memecahkan masalah atau soal-soal yang ada kurang kreatif dalam berpikir. Perumusan masalah dari skripsi ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran examples non examples pada mata pelajaran PKn kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Lubuk Kupang Kota Lubuklinggau ? Bagaimana hasil belajar siswa kelas V sebelum dan setelah diterapkan Model pembelajaran examples non examples pada mata pelajaran PKn di Madrasah Ibtidaiyah Nurussalam Negeri 1 Lubuk Kupang Kota Lubuklinggau? Apakah ada pengaruh penerapan Model pembelajaran examples non examples terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Lubuk Kupang Kota Lubuklinggau? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, tes (pretest dan posttest) dan dokumentasi. Dengan teknik analisis datanya menggunakan rumus statistik yaitu analisis uji tes “t”. Dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh penulis dalam perhitungan (t_o = 9,86) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (t_(t.ts5%) = 2,13 dan t_(t.ts.1% )= 2,95) maka dapat diketahui bahwa t_o adalah lebih besar dari pada t, yaitu: 2,13 <9,86>2,95. Dari perhitungan diatas dapat didapat t_o> t_t sehingga Hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran examples non examples terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V MI Negeri 1 Lubuk Kupang Kota Lubuklinggau” diterima dan Hipotesis nihil (Ho) ditolak. Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran PKn di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Lubuklinggau. Dimana permasalahan ini terjadi karena kurangnya kepedulian para guru dengan kelemahan penguasaan konsep yang ada pada kebanyakan siswanya sehingga hasil belajar siswa rendah, salah satunya adalah dengan penggunaan metode pembelajaran yang cenderung satu arah yang memungkinan siswa menjadi pasif serta tidak adanya kemauan untuk lebih mendalami materi PKN, sehingga dalam memecahkan masalah atau soal-soal yang ada kurang kreatif dalam berpikir. Perumusan masalah dari skripsi ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran examples non examples pada mata pelajaran PKn kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Lubuk Kupang Kota Lubuklinggau ? Bagaimana hasil belajar siswa kelas V sebelum dan setelah diterapkan Model pembelajaran examples non examples pada mata pelajaran PKn di Madrasah Ibtidaiyah Nurussalam Negeri 1 Lubuk Kupang Kota Lubuklinggau? Apakah ada pengaruh penerapan Model pembelajaran examples non examples terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Lubuk Kupang Kota Lubuklinggau? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, tes (pretest dan posttest) dan dokumentasi. Dengan teknik analisis datanya menggunakan rumus statistik yaitu analisis uji tes “t”. Dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh penulis dalam perhitungan (t_o = 9,86) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (t_(t.ts5%) = 2,13 dan t_(t.ts.1% )= 2,95) maka dapat diketahui bahwa t_o adalah lebih besar dari pada t, yaitu: 2,13 <9,86>2,95. Dari perhitungan diatas dapat didapat t_o> t_t sehingga Hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran examples non examples terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V MI Negeri 1 Lubuk Kupang Kota Lubuklinggau” diterima dan Hipotesis nihil (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:13
Last Modified: 20 Sep 2021 07:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11375

Actions (login required)

View Item View Item