TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP UPAYA KEPOLISIAN DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PEMBEGALAN DI WILAYAH MESUJI MAKMUR SUMATERA SELATAN

fatmawati, milantika (2018) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP UPAYA KEPOLISIAN DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PEMBEGALAN DI WILAYAH MESUJI MAKMUR SUMATERA SELATAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Seiring perkembangan teknologi robot, gadget, serta berbagai aktifitas media sosial sehingga mempermudah manusia mudah melakukan komunikasi dan transaksi.Dari berbagai realita tersebut ada beberapa hal yang berimplikasi negatif, seperti pencurian melalui internet, penjualan makanan kadaluarsa, salah satunya yang menjadi permasalahan pembegalan yang berhubungan dengan ketertiban dan keamanan.pembegalanyakni kejahatan yang dilakukan dijalan dengan merampas kendaraan bermotor dan dapat merugikan mental serta nyawa korban. Hasil penelitian ini untuk menjawab pertanyaan yaitu Bagaimana upaya kepolisian dalam menanggulangi tindak pidana pembegalan di wilayah Mesuji Makmur dan Bagaimana faktor penghambat dalam penanggulangan tindak pidana pembegalan di wilayah Mesuji Makmur serta Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap tindak pidana pembegalan di wilayah Mesuji Makmur. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah termasuk kategori penelitian yuridis empiris, yaitu suatu penelitian yang terdiri dari penelitian terhadap identifikasi masalah dan penelitian terhadap efektifitas hukum yakni dengan mencari sebanyak-banyaknya pokok-pokok permasalahan yang nantinya akan dicari jawaban melalui penelitian, kemudian penulis akan meneliti ke efektifitas hukum yang berlaku khususnya di wilayah Mesuji makmur Kabupaten Ogan Komering Ilir. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Upaya Penanggulangan Kejahatan yang dilakukan oleh Kepolisian polsek Mesuji Makmur meliputi Upaya Preventif dan Upaya represif. Adapun Faktor-faktor penghambat upaya kepolisian dalam penanggulangan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor adalah faktor hukum, penegak hukum, sarana dan prasarana, masyarakat, dan kebudayaan. Di dalam Hukum Pidana Islam bahwa upaya kepolisian itu telah sejalan dengan demikian dimana ada pola upaya preventif dan represif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:21
Last Modified: 20 Sep 2021 07:21
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11410

Actions (login required)

View Item View Item