PENGARUH METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS ‘AISYIYAH PALEMBANG

Munfaridatul Latifah, ummi (2016) PENGARUH METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS ‘AISYIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ummi Munfaridatul Latifah.pdf

Download (589kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul: Pengaruh Metode Snowball Throwing Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Mts ‘Aisyiyah Palembang. penelitian ini dilatarbelakangi karna ada sebagian siswa yang keluar masuk kelas, ribut, siswa kurang aktif dan tidak bersemangat dalam belajar dan terlihat ada siswa yang merasa bingung dan tidak berkonsentrasi, untuk itulah peneliti ingin mengeksperimenkan metode yang aktif dan menarik yaitu metode Snowball Throwing, dalam hal ini diharapkan dapat mengatasi kejenuhan atau kebosanan siswa dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana tingkat kejenuhan belajar siswa yang diterapkan metode Snowball Throwing pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs ‘Aisyiyah Palembang”, bagaimana tingkat kejenuhan belajar siswa yang tidak diterapkan metode Snowball Throwing pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs ‘Aisyiyah Palembang”, Adakah pengaruh metode Snowball Throwing terhadap kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs ‘Aisyiyah Palembang”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kejenuhan belajar siswa yang diterapkan metode Snowball Throwing dan tingkat kejenuhan belajar siswa yang menggunakan metode ceramah, serta untuk mengetahui adakah pengaruh metode Snowball Throwing terhadap kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs ‘Aisyiyah Palembang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Eksperiemental Method. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif terdiri dari data yang menunjukkan pengaruh metode Snowball Throwing terhadap kejenuhan belajar siswa. Sedangkan data kualitatif terdiri dari hasil wawancara kepada kepala sekolah dan guru akidah akhlak di MTs ‘Aisyiyah Palembang. Adapun yang menjadi populasi adalah kelas VIII disini yang menjadi sampel kelas VIII a sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 37 siswa dan kelas VIII b sebagai kelas kontrol yang berjumlah kelas 37 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus statistik tes “t” untuk dua kelompok data dari dua kelompok sampel (tidak berpasangan). Dari hasil analisa data dapat disimpulkan metode Snowball Throwing mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs ‘Aisyiyah Palembang. Karena berdasarkan perbandingan nilai uji“t” diperoleh Karena “to “ lebih besar dari ttabel (baik pada signifikan 5% dan 1% ) 2,00 < 4,782 > 2,65. dengan demikian berarti hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nihil ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penerapan metode Snowball Throwing terhadap kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs ‘Aisyiyah Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:26
Last Modified: 20 Sep 2021 07:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11431

Actions (login required)

View Item View Item