PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI BIOLOGI KELAS VIII DI MTs NURUL FALLAH PALEMBANG

SARI NIRMALA, RIMA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI BIOLOGI KELAS VIII DI MTs NURUL FALLAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
RIMA NIRMALA SARI (13222084).pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing memungkinkan siswa untuk terlibat secara aktif menggunakan proses fisik dalam menemukan sendiri konsep dan prinsip dari materi yang sedang dipelajari dengan bimbingan dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap penguasaan konsep siswa. Penelitian ini dilakukan pada Agustus di MTs Nurul Fallah Palembang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII sebanyak 123 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik purvosive sampling. Data yang dikumpulkan dengan instrumen soal pre-test dan post-test berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji independen sampel t-test.. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh sig.0,005 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil analisis peningkatan rata-rata ketuntasan indikator penguasaan konsep tertinggi pada C4, siswa kelas eksperimen mencapai 3,64 % sedangkan kelas kontrol mencapai 3,42%. N-gain kelas eksperimen adalah 0,49 kategori sedang dan N-gain untuk kelas kontrol 0,38 kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berpengaruh terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 06:54
Last Modified: 20 Sep 2021 06:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11474

Actions (login required)

View Item View Item