IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER JUJUR DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 19 PALEMBANG.[SKRIPSI]

Hulaini, Nila (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER JUJUR DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 19 PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
NILA HULAINI (12210181).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini “Implementasi pendidikan karakter jujur dalam membentuk kepribadian siswa kelas VII di SMP Negeri 19 Palembang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyak siswa yang belum bersikap jujur dalam lingkungan sekolah, misalnya siswa pada saat ujian masih ada yang mencontek temannya. Penerapan pendidikan karakter jujur ini diharapkan menjadi solusi dalam membentuk karakter jujur pada siswa, sehingga diharapkan pendidikan karakter jujur akan membuat sikap siswa tersebut menjadi lebih baik, memiliki prestasi yang unggul dan berkarakter Permasalahan yang di bahas dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendidikan karakter jujur siswa kelas VII di SMP Negeri 19 Palembang? Bagaimana kepribadian siswa kelas VII di SMP Ngeri 19 Palembang? Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi pendidikan karakter jujur dalam membnetuk kepribadian siswa kelas VII di SMP Negeri 19 Palembang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan pendidikan karakter jujur kelas VII di SMP Negeri 19 Palembang? Untuk mengetahui kepribadian siswa kelas VII di SMP Negeri 19 Palembang? Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi pendidikan karakter jujur dalam membentuk kepribadian siswa kelas VII di SMP Negeri 19 Palembang? Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif, yaitu menguraikan tentang implementasi penddikan karakter jujur siswa kelas VII di SMP Negeri 19 palembang. Sumber data penelitian ini ada dua macam yakni data primer dan data skunder. Data primer adalah sumber data yang langsung dari lapangan penelitian, sedangkan data skunder adalah sumber data mendukung yang bersumber dari literatur-literatur. Data dalam penelitian ini di kumpulkan melalui tiga metode, yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif artinya mengurai, menyajikan, atau menjelaskan seluruh permasalahan secara tegas dan sejelas-jelasnya. Selanjutnya dari uraian permasalahan itu di tarik kesimpulan secara deduktif, yakni menyimpulkan pernyataan-pernyataan yang bersifat umum ke khusus, sehingga penyajian penelitian ini dapat dipahami dengan mudah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan hasil menunjukkan: 1) Implementasi pendidikan karakter jujur yang dilakukan guru yaitu a) integrasi program pengembangan diri, dan b) integrasi dalam budaya sekolah. 2) Pembentukan kepribadian siswa yang dilakukan guru yaitu a) guru sebagai pengawas, b) guru sebagai pembimbing, c) guru sebagai teladan, dan d) guru sebagai pemberi hukuman dan ganjaran. Hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi guru dalam mengimplementasi pendidikan karakter jujur dalam membentuk kepribadian siswa yaitu: a) Terbatasnya pengawasan dari sekolah, Lingkungan siswa, Minimnya pendidikan dan perhatian orang tua. Sedangkan faktor pendukung meliputi: Adanya xii kerja sama antara sekolah dan orang tua dalam mengawasi, mendidik dan membina siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 31 Jul 2017 06:36
Last Modified: 31 Jul 2017 06:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/1148

Actions (login required)

View Item View Item