PENGGUNAAN MEDIA FLIP CHART DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-AWWAL PALEMBANG

WATI, S.IKA KURNIA (2016) PENGGUNAAN MEDIA FLIP CHART DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-AWWAL PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi Valid (IKA).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran, media merupakan alat bantu untuk mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri. Media flip chart merupakan lembaran kertas manila atau flano yang berisi pesan atau bahan pelajaran. Flip chart mempunyai kekhususan dan berbeda dengan alat-alat lainnya adalah: percampuaran antar rangsangan visual dan diskusi, yang dibuat dengan memakai tradisi oral, tatap muka dan diperkuat dengan memperlihatkan gambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini. Apakah ada perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media flip chart pada mata pelajaran IPA kelas V? Apakah penggunaan media flip chart dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V? Skripsi ini merupakan jenis penelitian eksperimen, metode eksperimen ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat (cause effect relationship) dengan cara mengekspos satu atau lebih kelompok ekperimental dan satu atau lebih kondisi ekperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 32 orang siswa kelas V yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Untuk memperoleh data penulis menggunakan data yaitu: observasi yaitu untuk mencari tahu keberhasilan penguasaan materi pelajaran pada hasil belajar, metode test untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan media flip chart, dokumentasi untuk mengetahui data tentang keadaan guru, keadaan siswa dan prasarana sekolah. Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu: Pertama Hasil belajar IPA sebelum diterapkan media flip chart tergolong sedang dengan rincian frekuensi hasil belajar siswa keseluruhan sebagai berikut: 4 orang siswa 12,5% tergolong tinggi (baik), 21 orang siswa 65,62% (tergolong sedang), dan yang tergolong rendah sebanyak 7 orang siswa 21,88%. Kedua Hasil belajar IPA setelah diterapkan media flip chart siswa tergolong sedang. Hasil belajar siswa sebagai berikut: yang mendapat kategori tinggi (baik) sebanyak 2 orang siswa atau 6,25%, 30 orang siswa 93,75% tergolong sedang, dan yang tergolong rendah tidak ada (0%). Ketiga penggunaan media flip chart dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA tentang materi organ tubuh manusia di Madrasah Ibtidaiyah Al-Awwal Palembang tergolong cukup baik. Dilihat dari hasil perhitungan t yaitu: (to = 3,045) dan besarnya tabel nilai t (ttts5% = 2,04 dan ttts1% = 2,75) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar dari pada tt yaitu 2,04<3,045<2,75. Karena to lebih besar daripada tt maka adanya perbedaan nilai tes hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media flip chart pada mata pelajaran IPA materi organ tubuh manusia, merupakan perbedaan yang berarti atau perbedaan yang menyakinkan (signifikan). Dan berdasarkan hal tersebut dapat dikatakan bahwa penggunaan media flip chart dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Al-Awwal Palembang materi Organ Tubuh Manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:52
Last Modified: 20 Sep 2021 07:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11535

Actions (login required)

View Item View Item