MULIANI, PUJI (2018) PENGARUH MEDIA GAMBAR FOTOGRAFI TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
PUJI MULIANI (12210196).pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pegaruh media gambar fotografi terhadap efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV.A pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 06 Tanjung Batu kabupaten Ogan Ilir. Jadi peneliti berminat untuk mengadakan penelitian mengenai pengaruh media gambar fotografi untuk melihat efektivitas hasil belajar atau perbedaannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penggunaan media gambar fotografi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 06 Tanjung Batu? Bagaimana efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 06 Tanjung Batu? Apakah ada pengaruh penggunaan media gambar fotografi terhadap efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 06 Tanjung Batu? Tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui penggunaan media gambar fotografi dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 06 Tanjung Batu, Untuk mengetahui efektivan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 06 Tajung Batu, Untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media gambar fotografi terhadap efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 06 Tanjung Batu. Sumber data primer adalah siswa kelas VI.A SD Negeri 06 Tanjung Batu, Sedangkan sumber data sekunder adalah tenaga administrasi, dokumentasi sekolah, data yang didapatkan dari sumber kedua yaitu kepala sekolah, guru pengajar SD Negeri 06 Tanjung Batu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 06 Tanjung Batu. Sedangkan sampel penelitian ini adalah Siswa kelas IV.A berjumlah 26 siswa. Data diperoleh dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini adalah : bahwa pengaruh media gambar fotografi terhadap efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 06 Tanjung Batu hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah diterapkannya media gambar fotografi pada mata pelajaran Pendidkan Agama Islam di kelas eksperimen. Penggunaan tes “t” untuk menguji dua sampel dengan penerapan media gambar fotografi terhadap hasil belajar pada siswa SD Negeri 06 Tanjung Batu menunjukkan bahwa nilai yaitu 10,7 lebih besar dari nilai t table pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,06 dan t table pada taraf signifikansi 1% yaitu 2,79. Dengan kata lain 2,06<10,7>2,79 maka hipotesis nihil ditolak. Artinya media gambar fotografi dapat diterapkan pada siswa untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 08:06 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 08:06 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11607 |
Actions (login required)
View Item |