UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKANMOTIVASI KERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) NAJAHIYAH PALEMBANG

Ayuningsih, Nindi (2016) UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKANMOTIVASI KERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) NAJAHIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
KESELURUHAN SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Judul penelitian adalah “Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di MI Najahiyah Palembang” penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang ditemukan di lapangan yakni dalam pelaksanaan tugasnya masih banyak guru terbentur akan berbagai masalah yang mengakibatkan menurunnya motivasi kerja, seperti kualitas kerja yang masih rendah, ketepatan waktu yang rendah dalam menyelesaikan tugas, kesadaran dan tanggung jawab terhadap profesi masih kurang. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui tentang pengelolaan motivasi kerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang dan untuk mengetahui langkah-langkah pengelolaan motivasi kerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dimana data diperoleh secara langsung dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu teknik angket, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi sumber data yaitu Guru-Guru (Informan Kunci) dan Kepala Madrasah (Informan Pendukung). Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis statistik persentase, yaitu setiap data dipersentasekan setelah ditabulasikan dalam jumlah frekuensi jawaban responden untuk setiap alternatif jawaban, selanjutnya menganalisa data yang telah diolah secara verbal sehingga hasil penelitian mudah dipahami dan mengambil sebuah kesimpulan akhir yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di MI Najahiyah Palembang, meliputi: Pertama, meningkatkan kompetensi guru dengan mengadakan supervisi. Kedua, memberi perhatian yang meliputi: (a) memberikan insentif dan tunjangan, (b) memberikan kesempatan cuti, (c) menjalin komunikasi yang baik antara kepala madrasah dengan guru. Ketiga, memberi penghargaan yang meliputi: (a) pujian secara lisan, (b) menugaskan guru untuk mengikuti seminar dan diklat. Keempat, memenuhi kebutuhan guru dalam mengajar dengan melayani dan menyediakan fasilitas pembelajaran yang memadai. Kelima, menjadi teladan yang baik. Untuk motivasi kerja guru di MI Najahiyah Palembang termasuk dalam kategori baik. Hal ini dikarenakan pemenuhan kebutuhan yang diberikan madrasah, baik untuk kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan harga diri, kebutuhan sosial, maupun kebutuhan aktualisasi diri sudah terpenuhi. Kelima aspek tersebut telah diberikan oleh Kepala Madrasah dalam bentuk pemberian kompensasi (gaji, insentif, bonus, dan tunjangan) secara adil, memberi pujian secara lisan, menjalin komunikasi dengan baik, dan mengadakan supervisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Sep 2021 01:09
Last Modified: 21 Sep 2021 01:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11683

Actions (login required)

View Item View Item