PURNAMA, YULINDA (2016) PENERAPAN MEDIA GRAFIK GARIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH QURANIAH 8 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
SKRIPSI Yulinda Purnama.pdf Download (18MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang penerapan media grafik garis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan Media Grafik Garis terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPS kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang? Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan Media Grafik Garis pada mata pelajaran IPS kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang? Bagaimana pengaruh penerapan Media Grafik Garis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang? Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 orang yaitu kelas III A yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, observasi, dokumentasi, tes (pretest dan posttest). Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisa uji test ”t”. Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu: Pertama hasil belajar siswa kelas III A di MI Quraniah 8 Palembang terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum menggunakan media grafik garis dan sesudah menggunakan media grafik garis. Dapat dilihat dari perhitungan bahwa rata-rata (mean) hasil belajar siswa sesudah menggunakan media grafik garis sebesar 80,4 ini meningkat jika dibandingkan dengan rata-rata (mean) hasil belajar siswa sebelum menggunakan media grafik garis sebesar 64,4. Kedua media grafik garis memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas III A pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 palembang. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan perhitungan uji t yaitu diperoleh dalam perhitungan (t0 = 6,92) dan besarnya “t” yang tercantum pada tabel nilai t (tt.ts5% = 2,06 dan tt.ts1% = 2,80) maka dapat diketahui bahwa t0 lebih besar dari pada tt yaitu 2,06<6,92>2,80. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa H yang diajukan ditolak. Karena t0 lebih besar daripada tt maka Hipotesis Nihil yang diajukan di muka ditolak, ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan media grafik garis terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang. xi
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 01:09 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 01:09 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11690 |
Actions (login required)
View Item |