PENGARUH PEMBERIAN SOAL BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN 2 PALEMBANG

ISLAMIATY, ISMI (2020) PENGARUH PEMBERIAN SOAL BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN 2 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Pada abad ke-21, berkembangannya teknologi dan ilmu pengetahuan secara pesatnya, dunia seolah ditantang untuk meningkatkan mutu dalam berbagai segi kehidupan, salah satunya segi pendidikan. Pendidikan diarahkan untuk menyiapkan siswa yang memiliki kemampuan dan keterampilan berpikir, terutama kemampuan berpikir tinggat tinggi atau higher order thinking skills (HOTS) yaitu berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian soal berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) sebagai bentuk evaluasi pembelajaran guna mengetahui sejauh mana kemampuan bepikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan sampel yang diambil secara random sampling. Data yang diperoleh pada penelitian ini didapat dari hasil kuesioner (angket) dan dokumentasi. Dianalisis lebih lanjut dengan data yang dikumpulkan kemudian direkapitulasi setelah data terkumpul dari berbagai sumber maka data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Setelah menganalisa pengaruh pemberian soal berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di MAN 2 Palembang menggunakan rumus korelasi product moment dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kedua variabel yakni pemberian soal berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan kemampuan berpikir kritis. Hal ini ditunjukkan dengan ttabel = 2.02 dan thitung = 3.17 maka thitung > ttabel. Maka angka koefisien penentu/desterminasi sebesar 33%. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh pemberian soal berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di MAN 2 Palembang. Sedangkan sisanya 67% kemampuan berpikir krirtis siswa di MAN 2 Palembang dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 21 Sep 2021 06:39
Last Modified: 21 Sep 2021 06:39
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11721

Actions (login required)

View Item View Item