NURRAHMAN, NURRAHMAN (2020) Abdullah, Abdurrahman Saleh. Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Al-Quran. Jakarta: Rineka Cipta, 1994. Abdullah, Faisal. Bakat dan Kreativitas. Palembang: Noer Fikri Offset, 2008. Abdurrahmansyah, Adida Igandi, dan Syarifah. “Pengaruh Metode Problem Solving terhadap Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Virus Kelas X di SMA Negeri 1 Sanga Desa.” Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains 8, no. 2 (2019): 103-112. Adminstrator, "Visi dan Misi", diakses dari https://www.man2palembang.sch.id, Tanggal 2 Mei 2020, pukul 15.00 WIB. Adminstrator. “Sejarah Singkat.” diakses dari https://www.man2palembang.sch.id, pada tanggal 2 Mei 2020, pukul 14.40 WIB. Ahmadi, Abu dan WidodoSupriyono. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2013. Al-Mubarakfuri, Syaikh Syafiyyurrahman. Tafsir Ibnu Katsir. Dialihbahasakan:Abu Ihsan al-Atsari. Jakarta: Pustaka Ibnu Katsir, 2016. Amri, Sofan. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2013. Annur, Saiful. Metodologi Penelitian Pendidikan. Palembang: IAIN Raden Fatah Press, 2008. Ansyar, Mohammad. Kurikulum: Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan. Jakarta: Kencana, 2017. Anwar, Bakri. “Model Pembelajaran Metaphorming.” Shaut Al-Arabiyah 7, no. 1 (2019): 78-90. Asrori, M. Perkembangan Peserta Didik: Pengembangan Pedagogis Guru. Yogyakarta: Media Akademi, 2015. Az-Zuhaili, Wahbah. Tafsir Al-Munir. Dialihbahasakan: Abdul Hayyie al Katani, dkk. Jakarta: Gema Insani Press, 2013. ———. Tafsir Al-Wasith. Dialihbahasakan: Muhtadi. Depok: Gema Insani, 2012.Aziz, Rahmat. Psikologi Pendidikan: Model Pengembangan Kreativitas dalam Praktik Pembelajaran. Malang: UIN Maliki Press, 2014. Craft, Anna. Membangun Kreativitas Anak. Dialihbahasakan: M. Chairul Annam Depok: Inisiasi Press, 2000. Dahar, Ratna Wilis. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga, 2011. Darwis, Amri. Metode Penelitian Pendidikan Islam: Pengembangan Ilmu Berparadigma Islami. Jakarta: Rajagrafindo Pesada, 2014. Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Diponegoro, 2010. Departemen Pendidikan Nasional. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara, 2017. Djamarah, Syaiful Bahar. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2014. Dokumentasi Tata Usaha MAN 2 Palembang. Faqih, Allamah Kamal, Dkk. Nur Al-Quran: An Enlightening Commentary into the Light of the Holy Quran. Dialihbahasakan: R. Hikmat Danaatmaja. Jakarta: AlHuda, 2003. Handayani, Hesti, Yemi Kuswardi, Rubono Setiawan. “Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Logaritma melalui Penerapan Model Pembelajaran Metaphorming dengan Strategi Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction (ARIAS) di Kelas X SMA Al-Islam 1 Sur.” Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM) Solusi 1 (2017): 42-50. Hasil Observasi di MAN 2 Palembang,Tanggal 27 Juli - 7 September 2019 Pukul 10.00 WIB. Hergenhahn, B.R dan Matthew H. Olson. Theories of Learning. Dialihbahasakan: Triwibowo. Jakarta: Kencana, 2008. Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2107.Isrok’atun dan Amelia Rosmala. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara, 2018. Johnson, Elaine B. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Dialihbahasakan: Ibnu SetiawanBandung: Kaifa, 2014. Joyce, Bruce, Marsha Weil, dan Emily Calhoun. Models of Teaching. Dialihbahasakan: Achmad Fawaid dan Ateilla MirzaYogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011. Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2014. Megawati, Fitria Wulandari dan Fika. Penerapan Model Pembelajaran Metaphorming untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa PGSD. Sidoarjo: Program Studi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 2017. Mujib, Abdul. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2017. Muliawan, Jasa Ungguh. Mengembangkan Imajinasi dan Kreativitas Anak. Yogyakarta: Gava Media, 2016. Munandar, Utami. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Grasindo, 1985. ———. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta, 2014. Nata, Abudin. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers, 2012. Noer, Sri Hastuti. Desain Pembelajaran Matematika: untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2018. Nurdin, Syafruddin dan Adriantoni. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2016. Nurlaila. Ilmu Pendidikan Islam. Palembang: UIN Raden Fatah, 2017. Nursobah, Ahmad Tafsir dan Asep. Filsafat dan Metode Berpikir. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, 2009. Poerwadarminta, W. J. S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1982.Priansani, Donni Juni. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia, 2017. Pratama, Irja Putra dan AristhophanFirdaus. “Penerapan Kurikulum Terpadu sebagai Model Pembinaan Karakter Siswa (Studi di SMP IT Raudhatul Ulum Sakatiga Inderalaya).” Tadrib 5, no. 2 (2019): 217-233. Rusman. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2017. Salahudin, Anas dan IrwantoAlkrienciehie. Pendidikan Karakter (Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: Pustaka Setia, 2013. Sani, Ridwan Abdullah. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara, 2015. Santrock, John W. Educational Psychology. Dialihbahasakan: Tri Wibowo. Jakarta: Kencana, 2015. Sari, Eliza Ulva dan An Nur AmiWidodo. “Efektivitas Model Pembelajaran Metaphorming Berbantuan Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Pokok Bahasan Perbandingan Trigonometri Sudut Berelasi.” Dialektika: Jurnal Pendidikan Matematika 7, no. 6 (2019): 220-233. Sani, Ridwan Abdullah dan Sudiran. Penelitian Tindakan Kelas: Pengembangan Profesi Guru. Tangerang: Tira Smart, 2017. Setiawan, Windi. “Profil Berpikir Metaforis (Metaphorical Thinking) Siswa dalam Memecahkan Masalah Pengukuran Ditinjau dari Gaya Kognitif.” Kreano 7, no. 2 (2016): 208-216. Siller, Todd. Think Like A Genius. New York: Bantam Books, 1996. Sitepu, B. P. Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2014. Slemato. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2015. Sudarma, Momon. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2016. Sudjana. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito, 2005.Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta, 2015. ———. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018. Sukardi, Ismail. Model-Model Pembelajaran Modern: Bekal untuk Guru Profesional. Palembang: Noer Fikri Offset, 2015. Sukardi, M. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas: Implementasi dan Pengembangannya. Jakarta: Bumi Aksara, 2015. Sunito, Indira, dkk Metaphorming: Beberapa Strategi Berpikir Kreatif. Jakarta: Indeks, 2013. Sunyono. Model Pembelajaran Multipel Representasi; Pembelajaran Empat Fase dengan Lima Kegiatan: Orientasi, Eksplorasi, Imajinasi, Internalisasi, dan Evaluasi. Yogyakarta: Media Akademi, 2015. Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2012. Syafril. Statistik Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia, 2019. Syarifuddin, Amir. Garis-Garis Besar Fiqh. Jakarta: Kencana, 2013. Syarnubi. “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas IV di SDN 2 Pengarayan.” Tadrib 5, no. 1 (2019): 87- 103. Tafsir, Ahmad dan Asep Nursobah, Filsafat dan Metode Berpikir. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI. 2009. Tim Penyusun. Pedoman Penyusunan dan Penulisan Skripsi Program Sarjana: Program Studi Pendidikan Agama Islam. Palembang: IAIN Press, 2016. Tohirin. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2011. Trianto. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara, 2013. Trianto dan Hadi Suseno. Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah. Depok: Kencana, 2017.Tirtarahardjo, Umar dan La Sulo. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2010. Wawancara dengan Nelly Efrina, M.Pd selaku Waka Madrasah BidangHumasMAN 2 Palembang 5 Agustus 2020 Pukul 13.00 WIB. Widoyoko, S. Eko Putro. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017. Yaumi, Muhammad. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia, 2014. Zainsyah, A.E. Model-Model Mengajar. Bandung: Diponegoro, 1990. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (645kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (123kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan ekstrakurikuler adalah serangkaian kegiatan tambahan yang dilaksanakan diluar jam mata pelajaran dengan tujuan untuk memperkaya dan memperluas segi potensi minat, bakat dan kemampuan anak didik diselengarakan oleh pihak sekolah sesuai dengan peraturan sekolah tersebut. Diskusi merupakan pembicaraan suatu topik dengan maksud untuk merumuskan kepentingan bersama dan tujuan dari aktivitas ini ialah mencari solusi dari sebuah permasalahan yang didiskusikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data hubungan antara kegiatan ekstrakurikuler dengan keaktifan siswa dalam berdiskusi di SMP Muhammadiyah 4 Palembang Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif (non eksperimen) yang mengunakan teknik analisis statistik sederhana yang mengunakan rumus prosentase dan teknik product momen. Adapun sample yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VIII yang berjumlah 177 siswa diambil dengan teknik random sampling maka sample berjumlah 36 siswa. Untuk memperoleh data penulis mengunakan metode observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, nilai korelasinya perhitungan menunjukan angka rxy = 0,95, ini berarti terdapat hubungan yang positif (searah)antarakegiatan ekstrakurikuler dengan keaktifan siswa dalam berdiskusi. Dilihat dari taraf 1% = 0,4238 dan taraf 5%= 0,3291 berarti ro > r table maka konsekuensinya adalah (Ha) diterima (Ho) ditolak. Dan dapat disimpulkan nilai korelasi 0,95 yang diperoleh tidak bertanda negatif, karena berda pada rentang keberhubungan antara 0,40-0,70 pada interpretasi nilai ‘r” product moment, dapat dikethui bahwa variabel X dan variabel Y adalah sangat kuat, dari analisis data tersebut, maka demikian hipotesis yang diajukan diterima, dan terdapat hubungan yang signifikan atau sangat kuat antara kedua variabel X dan Variabel Y. Kata Kunci : Ekstrakurikuler, Keaktifan Berdiskusi
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler Keaktifan Berdiskusi |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 06:39 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 06:39 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11723 |
Actions (login required)
View Item |