ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA KARANGAN DESKRIPTIF DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V MI ADABIYAH II PALEMBANG

JULYDAR, JULYDAR (2021) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA KARANGAN DESKRIPTIF DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V MI ADABIYAH II PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1. BAB 1.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB V.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk analisis kesalahan berbahasa pada karangan deskriptif siswa dalam pembelajaran tematik kelas V MI Adabiyah II Palembang. Bentuk kesalahan penulisan meliputi kesalahan ejaan, kata dan kalimat dalam karangan siswa kelas V di MI Adabiyah II Palembang. Berdasarkan latar belakang, selanjutnya akan dikaji mengenai analisis kesalahan berbahasa pada karangan deskriptif dalam pembelajaran tematik siswa kelas V MI Adabiyah Adapun rumusan masalah pada penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana bentuk kesalahan ejaan pada paragraf deskriptif kelas V MI Adabiyah II Palembang?, 2) Bagaimana bentuk kesalahan kata pada paragraf deskriptif kelas V MI Adabiyah II Palembang?, 3) Bagaimana bentuk kesalahan kalimat paragraf deskriptif kelas V MI Adabiyah II Palembang? dan 4) Apa faktor yang memengaruhi siswa dalam menulis ejaan, kata dan kalimat ? Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan tentang A n a l i s i s K e s a l a h a n B e r b a h a s a p a d a K a r a n g a n D e k s r i p t i f S i s w a d a l a m P e m b e l a j a r a n T e m a t i k K e l a s V M I A d a b i y a h I I P a l e m b a n g . Untuk mengumpulkan data kesalahan berbahasa, digunakan teknik simak dan catat. Metode analisis kesalahan yang digunakan adalah metode agih dengan teknik lesap dan teknik balik. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument) dengan kriteria kesalahan ejaan, kata dan kalimat. Hasil penelitian ada tiga kategori. Pertama, analisis kesalahan pada karangan deskriptif siswa V di MI Adabiyah II Palembang yang berupa kesalahan ejaan sebanyak 164 kalimat atau sebesar 16,4%. Kedua, analisis kesalahan pada kesalahan pada karangan deskriptif siswa V di MI Adabiyah II Palembang yang berupa kesalahan penulisan kata sebanyak 29 kalimat atau sebesar 2,9%. Ketiga, analisis kesalahan kesalahan pada karangan deskriptif siswa V di MI Adabiyah II Palembang yang berupa kesalahan penulisan kalimat sebanyak 27 kalimat atau sebesar 2,7%. Ketiga kesalahan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu diantaranya penguasaan kaidah kebahasaan. Hal ini diperkuat dengan temuan peneliti bahwa jumlah kesalahan keseluruhan penggunaan bahasa yang belum sesuai dengan kaidah kebahasaan, diantaranya: penguasaan kaidah bahasa siswa yang kurang memadai, tidak banyaknya contoh dari guru, penggunaan bahasa asing dalam kalimat, kurangnya latihan menulis, dan kurangnya waktu menulis. Kata-kata kunci : analisis kesalahan, karangan deskriptif

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: analisis kesalahan karangan deskriptif
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 24 Sep 2021 03:45
Last Modified: 24 Sep 2021 03:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11740

Actions (login required)

View Item View Item