MEIRISYAH, MEIRISYAH (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MI MA’HAD ISLAMY 1 ULU PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
MEIRISYAH (12270083).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Model pembelajaran yang digunakan oleh guru sangat bermanfaat terhadap hasil belajar mengajar. Untuk menciptakan proses belajar mengajar yang bisa menimbulkan komunikasi dua arah, serta dapat mecapai tujuan pelajaran Bahasa Indonesia yang sesuai dengan waktu yang tersedia maka diarahkan dalam bentuk pembelajaran Bahasa Indonesia yang tidak hanya berpusat pada guru tetapi juga berpusat pada siswa.Salah satu model yang bisa digunakan adalah model pembelajaran student facilitator and explaining. Model ini adalah model yang mampu melatih siswa untuk dapat mempresentasikan ide atau gagasan mereka pada teman-temannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini.Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah MA‟Had Islamy Palembang, Bagaimana Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟Had Islamy Palembang, dan Bagaimana Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟Had Islamy Palembang. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen.Penlitian ini merupakan penelitian populasi yaitu seluruh siswa kelas IV berjumlah 30 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes, dan dokumentasi. Dari perhitungan yang telah dilakukan maka diperoleh kesimpulan yaitu: Signifikansi pengaruh penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Exsplaining terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia dikelas IV di madrasah ibtidaiyah ma‟had islamy palembang dengan membandingkan besarnya “t” yang kita peroleh dalam perhitungan (to = 10,105) dan besarnya “t” yang tercantum pada table nilai t (tt.ts. 5% = 2,04 dan tt.ts. 1% = 2,76) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar dari tt yaitu 2,04<10,105>2,76. Karena to lebih besar dari tt maka hipotesis nihil yang diajukan ditolak, ini berarti menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Exsplaining terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia dikelas VI di madrasah ibtidaiyah ma‟had islamy Palembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 08 Aug 2017 07:04 |
Last Modified: | 08 Aug 2017 07:04 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/1176 |
Actions (login required)
View Item |