ANALISIS BUDAYA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI SMP IT RAUDHATUL ULUM SAKATIGA KECAMATAN INDRALAYA KABUPATEN OGAN ILIR

Muhammad, Altof (2019) ANALISIS BUDAYA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI SMP IT RAUDHATUL ULUM SAKATIGA KECAMATAN INDRALAYA KABUPATEN OGAN ILIR. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1621323_Muhamad Altof.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat menganalisis dan membuktikan lebih dalam tentang 1. Bagaimana budaya akademik dan budaya sosial di SMP IT Raudhatul Ulum Sakatiga. 2. Bagaimana karakter yang terbentuk di SMP IT Raudhatul Ulum Sakatiga. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis dan jenis penelitian etnografi. Sumber data primer penelitian ini didapatkan dari hasil observasi, catatan lapangan (fieldnote), wawancara dengan informan yaitu: kepala sekolah, pendidik dan tenaga pendidik (PTK), peserta didik, karyawan dan komite sekolah, kemudian studi dokumen, naskah, dan arsip yang berkaitan dengan budaya sekolah dalam pembentukan karakter peserta didik yang didasarkan pada pendidikan karakter di SMP IT Raudhatul Ulum Sakatiga. Sumber sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari berbagai jenis buku-buku, disertasi, tesis, skripsi, majalah, jurnal, artikel, surat kabar dan data-data dari internet serta tulisan-tulisan yang sifatnya mendukung otensitas data primer yang kredibel dan otoritatif. Selanjutnya teknik analisis data dalam penelitian ini dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan empat kriteria yaitu: kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Berdasarkan hasil analisa temuan peneliti, dapat disampaikan bahwa budaya sekolah di SMP IT Raudhatul Ulum Sakatiga terdapat dua aspek budaya yaitu: 1. Budaya Akademik meliputi: a. budaya membaca, dikembangkan melalui slogan�slogan atau kata mutiara serta tokoh muslim yang dipajang di dinding setiap kelas, pemajangan galeri foto di etalase sekolah, serta kegiatan ngaji sore, dan kunjungan ke perpustakaan, b. budaya belajar, dikembangkan melalui kegiatan seperti belajar mandiri, belajar kelompok, belajar terbimbingan dan program kegiatan ‘kelas peminatan’, c. budaya kreativitas, dikembangkan melalui kegiatan life skill seperti membuat tamanisasi, membuat vas bunga dan membuat lampion. Budaya Sosial meliputi: a. budaya saling menghargai, dikembangkan melalui kegiatan organisasi, piket siang dan piket asrama, b. budaya 3S (senyum, salam, sapa), dikembangkan melalui program pengembangan diri meliputi kegiatan rutin, kegiatan spontan dan keteladanan, dan c. budaya hidup sederhana dikembangkan melalui penggunaan uang dan penggunaan pakaian. 2. Karakter yang terbentuk melalui budaya sekolah di SMP IT Raudhatul Ulum Sakatiga yaitu: karakter religius, karakter mandiri, karakter rasa ingin tahu, karakter kreatif, karakter demokrasi, karakter disiplin, karakter tanggung jawab dan karakter peduli sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: ?? Pendidikan_Agama_Islam_S2 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Sep 2021 07:51
Last Modified: 24 Sep 2021 07:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11824

Actions (login required)

View Item View Item