Muadin, Muadin (2018) ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM TAMAN PENDIDIKAN AL�QUR‟AN UNIT SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN ILIR BARAT I PALEMBANG. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB. I,II,III,IV,V dan Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tesis ini berjudul “Analisis Pelaksanaan Program Taman Pendidikan Al�Qur‟an Unit Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ilir Barat I Palembang”. Hal ini dilatarbelakangi oleh Taman Pendidikan Al-Qur‟an yang mempunyai tujuan meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur‟an serta penguasaan materi keagamaan. Seyogyanya TPA melaksanakan pembelajaran apa yang telah menjadi tujuan tersebut agar mendapatkan hasil yang maksimal. Namun banyak TPA yang tidak melaksanakan tujuan TPA tersebut sehingga menghasilkan pembelajaran yang tidak seimbang, TPA Unit SD Negeri di kec. IB.I terdapat pariasi pelaksanaan program yang menarik untuk di teliti. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana analisis pelaksanaan program TPA unit SD Negeri di kec. IB.I Palembang? 2. Faktor�faktor apa yang mendukung dan yang menghambat terhadap pelaksanaan program TPA tersebut? Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisa pelaksanaan program TPA di tiga TPA unit SD negeri kec. IB.I serta faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan program tersebut Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer ( kepala sekolah, guru TPA, dan santri) dan sumber data sekunder yakni berasal dari dokumen-dokumen yang tersedia. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah deskripsi kualitatif dengan cara reduksi data, data display, dan kesimpulan serta studi pustaka (mempelajari buku-buku referensi, laporan-laporan serta jurnal yang berkaitan dengan obyek penelitian) dan triangulasi data (memeriksa keabsahan data, dengan metode, sumber dan waktu yang berbeda). Adapun hasil penelitian sebagai berikut: Pelaksanaan program TPA Unit SD Negeri di kec.IB. I Palembang terdapat tiga bentuk pelaksanaan program, pertama pembelajaran membaca dan menulis tambahan hafalan, kedua pembelajaran membaca dan keagamaan tambahan mengaji berlagu, dan ketiga pembelajaran membaca dan pendalaman tajwid. Perencanaan program dimulai dari visi misi, tujuan, kurikulum, persiapan sarana prasara, tenaga pendidik,siswa, telah terencana dengan baik. Pelaksanaan program pembelajaran di masing�masing TPA menggunakan metode iqro sedangkan untuk pembelajaran tambahan seperti hafalan mengaji berlagu dan materi keagamaan menggunakan metode ceramah, diskusi, praktek, wahdah, sima‟i, lama belajar 90 menit, dalam seminggu 5 hari dengan jadwal kelas yang ditentukan. Evauluasi pembelajaran dilakukan 2 kali dalam satu tahun yaitu di bulan Juni dan bulan Desember
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? BP ?? ?? L1 ?? |
Divisions: | ?? Pendidikan_Agama_Islam_S2 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 24 Sep 2021 08:40 |
Last Modified: | 24 Sep 2021 08:40 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11874 |
Actions (login required)
View Item |